973 Marinir Beradu Renang dan Dayung di Pulau Kelagian

100

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Sebanyak 973 prajurit dari satuan Korps Marinir TNI AL beradu kemampuan renang dan dayung, sebagai salah satu kemampuan dasar prajurit sekaligus sebagai ajang lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir 2019 di seputaran Pantai Kelagian, Lampung, Sabtu (26/10/2019) pagi.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE MM didampingi Komandan Korps (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han) secara resmi melepas keberangkatan peserta lomba dari Pantai Marines Eco Park Brigif 4 Marinir/BS Pesawaran, Lampung.

Dalam ajang ini, peserta terbagi dalam 47 tim renang, 47 tim dayung dan 80 peserta renang ekshibisi Perwira Menengah (Pamen), didukung 94 official dan 500 panitia penyelenggara.

Mereka harus menyelesaikan materi lomba berupa renang laut 10 KM, dan untuk dayung perahu karet sejauh 20 KM. Sedangkan untuk peserta ekshibisi harus menyelesaikan renang laut sejauh 6 KM.

Dalam amanatnya saat upacara pembukaan, Kasal mengatakan, lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir TNI Angkatan Laut pada hakekatnya merupakan barometer dari pola pembinaan satuan yang ada di jajaran Korps Marinir untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembinaan kemampuan dasar prajurit melalui uji keterampilan dan ketangkasan selama periode satu tahun anggaran.

Selain itu juga sebagai upaya pembinaan personel untuk mengukur kemampuan dan keterampilan prajurit Korps Marinir dalam melaksanakan pembinaan olahraga perairan yang menjadi ikon prajurit matra laut, sekaligus menjaring bibit-bibit olahragawan perairan yang andal dan berprestasi sebagai persiapan dalam menghadapi even perlombaan yang lebih besar, baik di lingkungan TNI, tingkat nasional maupun internasional.

“Lomba Binsat merupakan pembinaan kultural Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk memupuk jiwa korsa dan sebagai wahana menggelorakan spirit of the winner dan spirit of togetherness yang menjadi ciri khas dan karakter seorang kesatria yang selalu berjuang gagah berani dan pantang menyerah,” lanjut Kasal.

Menurut Kasal, bagi para Komandan Satuan, lomba Binsat merupakan even bergengsi dan prestisius bagi satuan-satuan di jajaran Korps Marinir.

“Karena pada even ini kemampuan leadership dan militansi para komandan satuan akan dilihat dan diuji, bagaimana seni dan strategi serta manajerial seorang Komandan Batalyon untuk dapat membawa satuannya tampil sebagai juara sejati pada ajang lomba Binsat Korps Marinir tahun 2019,” pungkas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda