36 KPM Somanggal Parmonangan Terima BLT DD

213

TAPSEL- SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Desa (Pemdes) Somanggal Parmonangan Kecamatan Sayurmatinggi, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sabtu (11/7/2020), kembali menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap ketiga.

Kepala Desa Somanggal Parmonangan Jupry mengatakan, bantuan yang bersumber dari dana desa setempat ini diperuntukkan bagi 36 keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak pandemi Covid-19, dengan besaran Rp600 ribu per bulan.

“Setiap KPM memperoleh Rp600 ribu. Harapannya bantuan ini dapat menopang kebutuhan hidup warga di tengah pandemi yang dampaknya cukup mengganggu sektor perekonomian,” tuturnya.

Oleh karena itu, BLT DD ini juga diharapkan dapat bermanfaat menjadi stimulus ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat di tengah masa pandemi. “Gunakan bantuan sebaik mungkin guna memenuhi kebutuhan pokok,” pesan kades.

Lebih jauh dikatakannya, mengingat ada peraturan baru yakni PMK 50 Tahun 2020, maka pembagian BLT DD bulan mendatang tetap berlanjut sampai tiga bulan berikutnya. Namun nominalnya berubah menjadi Rp300 ribu per bulan tiap KPM.

“Masa pandemi belum diketahui kapan berakhir, sehingga pendistribusian bantuan kemungkinan tetap akan berlanjut meski ada perubahan jumlah. Kita masih menunggu payung hukum atas hal itu, termasuk peraturan Bupati Tapsel,” ujarnya.

Jupry menambahkan, kendati Kabupaten Tapsel termasuk zona hijau dan akan memasuki fase tatanan hidup baru (new normal), tiap warga harus senantiasa mewaspadai adanya wabah Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Gunakan masker saat berada di luar rumah, rawat kebugaran fisik, jaga jarak, terapkan perilaku hidup sehat dan bersih. Dengan demikian, potensi akan kemungkinan tertularnya diri kita dari virus corona dapat diminimalisir,” tegas Jupry.

Acara pembagian berlangsung aman, lancar, serta kondusif dengan menerapkan protokol kesehatan disaksikanĀ Babinsa, Bhabinkamtibmas, mewakili camat, BPD, pendamping desa dan kecamatan, berikut tenaga ahli kabupaten. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda