Wujudkan Pemilukada Damai, FKUB Galang Dukungan Tokoh Lewat Dialog

182
Dialog kebangsaan dan deklarasi pemilukada damai oleh FKUB Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Sejumlah tokoh agama, adat, dan budaya di Kabupaten Sekadau menyatakan sepakat mewujudkan pilkada Sekadau yang kondusif, aman dan sejuk. Bahkan mereka mendeklarasikan kesepakatan tersebut bersama aparat pemerintah dan keamanan.

Kesamaan persepsi ini didapati dalam dialog kebangsaan dan deklarasi pemilu damai oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang digelar Kamis (5/3/2020) pagi, di Akiang Coffe Sekadau.

Dialog ini mengangkat tema ‘peningkatan peran strategis FKUB menjaga kondusifitas menyongsong pilkada Sekadau tahun 2020’. Sejumlah ormas dan tokoh dihadirkan dalam kegiatan itu.

“Sejak dibentuknya Kabupaten Sekadau, pilkada berjalan dengan baik dan kondusifitas. Situasi dalam pilkada tersebut perlu diwariskan kepada generasi muda saat ini,” beber Paulus Lion BA selaku Ketua FKUB Sekadau saat membuka dialog.

Dijelaskan Lion, keteraturan yang disahkan dengan undang – undang harus terus dijaga dengan baik. Hal – hal yang bersinggungan dengan agama satu sama lain, sebaiknya tidak dibahas atau diperdebatkan, serta wajib kita saling menghargai.

Di tempat yang sama, Kapolres Sekadau AKBP. Marupa Sagala SIK SH MH memaparkan bahwa perkembangan demokrasi saat ini ada yang kebablasan.

Ia menjelaskan, situasi di Sekadau sampai saat ini kondusif. Sementara dalam berdemokrasi, pilihan berbeda namun harus tetap satu dalam kebersamaan.

Melalui kegiatan dialog tersebut, Kapolres berharap adanya masukan maupun saran dari tokoh masyarakat dan agama kepada TNI, Polri dan penyelenggara pemilu. “TNI dan Polri akan menjaga netralitas dalam pemilukada,” tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh berbagai narasumber yang diperkuat dengan dialog yang menghasilkan beberapa kesepakatan.

Pasca kegiatan, diadakan pendeklarasian pilkada aman, damai dan sejuk oleh peserta kegiatan di Tugu Ayam Komplek Pasar Baru Jalan Panglima Naga Sekadau Hilir. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda