Walikota Sidimpuan Resmikan Program Kotaku

530
Walikota Irsan Efendi Nasution tandatangani prasasti program Kotaku tahun 2019 di Kota Padangsidimpuan.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kehadiran Kementerian PUPR melalui program Kotaku telah meningkatkan akses infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan, untuk mendukung perwujudan layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

“Kami ucapkan terima kasih pada Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di daerah ini,” ungkap Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution saat meresmikan program Kotaku di Kelurahan Kantin, Kamis (5/3/2020).

Tidak lupa, ucapan serupa juga disampaikan Irsan kepada pihak-pihak lain yang telah turut mensukseskan pelaksanaan program Kotaku. Terutama masyarakat yang terlibat langsung ataupun tidak dalam program yang tersebar di 15 titik se-Kota Padangsidimpuan itu.

Walikota berpesan, agar para pihak yang terkait dengan berbagai pembangunan Kotaku dapat  memanfaatkan dengan maksimal. Tidak kalah pentingnya adalah pemeliharaan terhadap hasil pembangunan itu melalui Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KKP).

“Dengan pemeliharaan yang optimal, tentunya life time atau usia fisiknya akan lebih panjang, dan lebih lama memberikan manfaat langsung untuk masyarakat,” pesan Walikota Irsan.

Koordinator Kotaku Zulhan menjelaskan, tahun 2019 lalu pemerintah pusat mempercayakan masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk menangani permasalahan pemukiman kumuh di 15 desa/kelurahan melalui BKM/LKM.

“Pembangunan dengan melibatkan partisipasi masyarakat itu telah selesai dilaksanakan, dan telah berkontribusi pada luasan pengurangan kumuh di Kota Padangsidimpuan,” jelas dia.

Sambung Zulhan, mengingat sifat pekerjaan dan skala pencapaian sangat kompleks, perlu kolaborasi antara pemerintah (mulai tingkat pusat sampai kelurahan/desa), dengan pihak swasta, masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

“Karenanya, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Padangsidimpuan yang selama ini mendukung tiap program Kotaku, sehingga capaian dan target untuk kebutuhan warga Padangsidimpuan bisa kita penuhi,” ujarnya.

Adapun 15 titik dari realisasi program Kotaku, yakni di Labuhan Rasoki, Goti, Salambue, Pal-IV PK, Sihitang, Pijorkoling (Padangsidimpuan Tenggara). Kemudian Kelurahan Wek VI atau Sidangkal (di Padangsidimpuan Selatan).

Selanjutnya Kelurahan Timbangan, Bincar, dan Kantin (di Padangsidimpuan Utara), Kelurahan Batunadua Jae (Padangsidimpuan Batunadua), Rimba Soping (Padangsidimpuan Angkola Julu), Hutaimbaru, dan Lubuk Raya (Padangsidimpuan Hutaimbaru). (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda