Wakapolda Sumsel: Daerah Rawan Penyelenggaraan Pemilu 2024 Ada di Banyuasin

107

PALEMBANG, BERITAANDA – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) bakal menekan potensi kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah hukumnya.

“Kita akan melakukan upaya untuk melakukan penekanan terhadap daerah rawan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. M. Zulkarnain SIK M.Si disela-sela kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024, bertempat di Hotel Santika Premiere Palembang, Senin (9/10/2023).

Dari data yang pihaknya peroleh, kata dia, daerah rawan itu di Kabupaten Banyuasin. Sebab adanya perairan hingga masalah sengketa tanah tapal batas.

“Kita akan menempatkan anggota Ditpolariud. Sedangkan untuk masalah tapal batas, akan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk masalah itu,” ungkapnya.

Secara nasional Sumsel menempati peringkat ke-24 mengenai daerah kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Sehingga berbagai upaya dilakukan sejak sekarang.

“Untuk mengatasi permasalahan kerawanan penyelenggaraan Pemilu 2024, salah satunya melalui rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 ini, yang menghadirkan berbagai elemen masyarakat, pemuda, partai politik hingga instansi terkait lainnya,” jelas dia.

Sedangkan untuk suhu politik sendiri, lanjut Brigjen Pol. M. Zulkarnain, untuk Sumsel sendiri masih aman.

“Untuk suhu politik wilayah kita aman, tapi untuk potensi kerawanan sendiri akan kita lakukan pencegahan agar tidak ada gangguan nyata,” tandas alumni Akpol 94 tersebut. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda