Terkait Jembatan BBI yang Rusak, PUPR Sekadau Bilang Sudah Lelang Pekerjaan

316
Jembatan BBI Km 07 Desa Mungguk Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau yang rusak. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Menanggapi berita rusaknya jembatan menuju Balai Benih Ikan (BBI) di Km 07 Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat angkat bicara.

“Itu sudah dianggarkan di APBD 2019, hanya baru selesai tahapan lelangnya. Kenapa ndak konfirmasi ke dinas, terutama di bidang bina marga, biar pemberitaan berimbang dan tidak berdasarkan opini sendiri,” papar Uraby, Sekretaris Dinas PUPR Sekadau kepada BERITAANDA via WhatsApp, Ahad (20/10/2019) sore.

Menurut Uraby, pemberitaan yang baik dan berimbang seharusnya dikonfirmasi dengan pihak terkait, tidak hanya semata -mata pengamatan di lapangan.

“Saya rasa abang sebagai wartawan senior┬ásudah tahu hal tersebut,” katanya mengajarkan.

Menanggapi pernyataan tersebut, BERITAANDA menjelaskan bahwa inti dari pemberitaan jembatan BBI adalah memperingati warga dan pengguna kendaraan yang melintasi jembatan itu. Hal ini disebabkan kondisi jembatan yang mengalami kerusakan yang cukup parah jika dilihat dari kasat mata.

Dalam pemberitaan tersebut juga tidak menyudutkan pihak-pihak terkait, namun lebih kepada kondisi fakta di lapangan.

Sebelumnya diberitakan, kondisi jembatan menuju akses BBI mengalami kerusakan. Kondisi jembatan itu pada bagian ujung jembatan, akses masuk menuju ke dalam jalan, sebuah lubang menganga jelas dan terlihat pondasi kayu – kayu tiang bagian bawah jembatan.

Sebuah kayu balok diletakan dengan posisi miring menyeberangi lubang di kaki jembatan itu. Sisi sebelah terlihat tanah kuning yang dapat diakses untuk melintasi badan jembatan.

Sedangkan di bagian ujung sebelah, sebuah lubang di badan jembatan ditutupi dengan 2 buah ban mobil bekas. Entah sebagai tanda atau untuk menutup lobang, 2 ban mobil itu diletakkan di atas besi – besi rangka jembatan.

Disamping kiri, gelagar yang terbuat dari besi dipadu semen cor sebagai pengamam bagi pelintas jembatan, juga telah hilang. Jika dilihat di sisi kanan, terdapat dua buah besi gelagar, namun di sisi kiri hanya tersisa satu besi. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda