Tanggap Bencana Alam, Pemkab OKI Gelar Apel Gabungan

37

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Guna mengantisipasi dampak fase peralihan musim dari kemarau ke penghujan, jajaran Pemkab OKI menggelar apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi di wilayah Bumi Bende Seguguk, bertempat di halaman kantor Bupati OKI, Kamis (18/1/2024).

Apel gelar pasukan dan peralatan diawali dengan pengukuhan secara simbolis pemakaian topi penanggulangan oleh Pj. Bupati OKI Asmar Wijaya kepada Satgas Penanggulangan Bencana, dilanjutkan pengecekan pasukan dan peralatan bersama Forkopimda Kabupaten OKI.

Dalam amanatnya, apel siaga ini untuk menyinergikan seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah serta TNI/Polri dalam menghadapi bencana dan upaya, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan kemampuan bersama dalam menghadapi bencana.

“Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan kita menghadapi potensi-potensi bencana. Kita berharap agar OKI maupun daerah lainnya dapat terhindar dari bencana alam,” ujarnya.

Menurut Pj. Bupati Asmar, Kabupaten OKI telah siap baik dari personel, peralatan maupun cara bertindak apabila terjadi bencana alam.

“Melakukan pengecekan baik personel, peralatan maupun lainnya dipastikan siap. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan ketangguhan dalam menghadapi bencana dan memberikan rasa aman kepada masyarakat,” terangnya.

Asmar Wijaya berharap pola penanggulangan bencana alam secara kolaboratif ini dapat juga kita terapkan pada pola pencegahan, sehingga bisa memberikan dampak yang lebih optimal dalam rangka penanganan bencana alam di Kabupaten OKI.

“Kerja-kerja kolaborasi pada pihak terkait sangatlah penting untuk jadi sandaran dalam penanganan bencana alam di Kabupaten OKI,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda