Stasiun Kereta Api Bandara Rampung Akhir Tahun 2020

208

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Menurut rencana, stasiun kereta api bandara akan dibangun di seberang Bandara Raden Intan II Lampung. Nantinya akan dibangun sky bridge atau jembatan penyeberangan multiguna menuju stasiun kereta api bandar udara.

Hal ini dijelaskan Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin di kantornya, Kamis (31/10/2019).

Sulthon didampingi Made Suartika selaku Kepala Balai Tehnik Perkereta Apian Bagian Sumbagsel mengungkapkan bahwa pembangunan stasiun kereta api bandara ini akan dimulai pada awal tahun 2020, dan akhir tahun 2020 sudah rampung pembangunannya.

“Nantinya kereta api bandara ini akan beroperasional18 kali dalam sehari, yaitu menyesuaikan dengan jadwal penerbangan, dengan sasaran kita adalah penumpang bandara, bisa juga imigrasi ada perwakilan disini. Ini menjadi kereta bandara yang kelima setelah di Soekarno Hatta, Kualanamu, Solo dan Sumbar,” jelas Shulton.

Sementara itu Made Suartika juga menyampaikan bahwa kereta api bandara memang kita rencanakan sejak 2018, sudah pernah dilakukan detail dan designnya. Namun saat itu mimpinya masih jauh, karena cukup besar.

“Sekarang ini kita akan coba review untuk memenuhi mimpinya gubernur, dan juga lahan dari Menteri Perhubungan bahwa kita membuat yang sederhana tapi modern di lokasi yang sama – sama kita lihat tadi. Mudah mudahan studinya bisa selesai di akhir Desember ini. Sehingga dari pihak PT KAI yang akan menyiapkan lahannya, bisa segera mulai mensosialisasikan bahwa ini lahan yang akan dipakai untuk pengembangan,” jelas dia.

“Untuk tahun 2020 ini kami sudah menyiapkan anggaran untuk membangun track khusus yang menghubungkan Pos Branti sampai ke stasiun bandara sepanjang 2 KM, sehingga kereta tidak mengganggu jalur rayanya. Mungkin Angkasa Pura yang akan membangun sky bridge-nya,” pungkas Made. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda