Sosialisasi Bahaya Paham Radikalisme dan Ceramah Autis di Korps Marinir

157

JAKARTA, BERITAANDA – Perkembangan teknologi dan informasi berdampak pada perubahan perilaku di masyarakat. Melalui media sosial yang semakin berkembang, cenderung membawa perubahan pola perilaku etika dan norma, salah satu yang sangat ekstrem dan berbahaya adalah masuknya radikalisme global.

Hal tersebut diterangkan orang nomor satu di Korps Marinir, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono M.Tr. (Han), pada acara sosialisasi bahaya paham radikalisme dan ceramah autis di Gedung Graha Mako Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

“Kegiatan ceramah ini pada hakekatnya mempunyai tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang autisme dan bahaya paham radikalisme sebagai wujud tanggung jawab pembinaan terhadap seluruh prajurit Kowal, Pegawai Negeri Sipil dan Jalasenastri di jajaran Korps Marinir. Di samping itu, sekaligus memberikan petunjuk dan arahan bagaimana mengambil sikap dan langkah-langkah tindakan preventif untuk cegah tangkal terhadap bahaya paham radikalisme dan penanganan permasalahan penyandang autisme,” jelas dia.

“Mengantisipasi hal tersebut, Kowal, PNS dan Jalasenastri dituntut untuk dapat menyikapi secara bijak perkembangan situasi di lingkungan tempat tinggal, dengan cara selektif dalam penggunaan media sosial internet dan menghindari komentar-komentar negatif terhadap kebijakan negara dan pimpinan TNI,” tambah dia.

Lanjut dia, hindari penyebaran berita hoax dan menyesatkan yang dapat menyebabkan tereduksinya  nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal, sehingga dapat mengancam persatuan dan kesatuan serta menimbulkan keresahan di masyarakat. Sementara di bidang kesehatan tentang autisme, menuntut peran Kowal, PNS serta Jalasenastri untuk meningkatkan pemahaman tentang autisme beserta ciri-ciri dan penanganannya.

“Sehingga pemahaman autisme dapat menambah pengetahuan dan berguna dalam menangani dan perlakuan khusus pada penyandang autisme. Semoga moment ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal, simak dan resapi apa yang disampaikan dalam ceramah ini,” tutup Dankormar dalam sambutan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda