Sekda Faisal Peringati Warga yang Bermukim di Dataran Rendah dan Dekat dengan Aliran Sungai

191

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekda HM. Faisal Hasrimy, AP. M.AP menghadiri apel kesiapan penanggulangan bencana alam, bertempat di halaman apel Polres Sergai, Rabu (15/1/2020).

Sekda usai apel mengatakan, bahwa seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat diminta agar selalu waspada, terutama dengan kondisi iklim yang tidak menentu, khususnya masyarakat yang bermukim di dataran rendah dan dekat dengan aliran sungai.

“Kami mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi seluruh stakeholder terkait, yang telah bekerja keras dan bekerjasama sekaligus terlibat dalam penanggulangan maupun penanganan bencana alam di daerah ini,” kata dia.

Sementara Kapolres Sergai AKBP Robinson menambahkan, tujuan dari pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiap-siagaan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Sergai.

“Terdapat tiga tahap hal-hal yang perlu diketahui, pertama prabencana yaitu dalam situasi tidak terjadinya bencana dan dalam situasi terdapat potensi terjadinya bencana dengan cara melaksanakan kesiap-siagaan peringatan dini dan mitigasi bencana. Selanjutnya yang kedua tanggap darurat, yaitu penyelenggaraan penanggulangan bencana saat tanggap darurat meliputi pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumber daya, penentuan status keadaan darurat bencana, penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana,” jelas dia.

“Sedangkan yang ketiga pasca bencana, yaitu penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi,” tambah dia.

“Dengan adanya apel kesiapan ini, saya mengharapkan bahwa kita benar-benar siap dalam antisipasi penanganan dampak dari bencana,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda