Program UP2K, Bantu Kader PKK OKI dan Kaum Perempuan Tingkatkan Ekonomi Keluarga

151

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) miliki 10 program pokok PKK, satu diantaranya adalah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Hal diungkapkan Ketua TP PKK OKI, Hj. Lindasari Iskandar, SE, Rabu (22/7/2020).

“UP2K merupakan salah satu program kerja PKK Pokja II, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam menambah pendapatan keluarga,” kata Lindasari didampingi wakilnya Hj. Siti Rohani Djakfar Shodiq.

Kegiatan ini, kata Lindasari lagi, meliputi sosialisasi, pembinaan serta pelatihan bagi kader – kader PKK, juga kaum perempuan yang memiliki industri rumahan tergabung dalam kelompok UP2K PKK.

“Seperti dilaksanakan Pokja II, Selasa (21/7/2020) kemarin di Kelurahan Paku Kecamatan Kayuagung. Program UP2K mengajak kader PKK dan kaum perempuan mandiri serta dapat membaca peluang terhadap peningkatan pendapatan keluarga,” ujar Lindasari.

Tak hanya itu, masih kata Lindasari, melalui pembinaan kita juga memberikan pelatihan cara pengemasan serta pemasaran produk yang benar dan menarik agar menambah daya jual produk ke konsumen.

“Pengemasan dan pemasaran sangat penting agar produk dikenal dan diminati oleh masyarakat. Apalagi saat ini dapat memanfaatkan teknologi dalam pemasaran secara online,” ujar Lindasari.

Disamping itu, UP2K juga merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan, khususnya bagi kaum perempuan. Lanjut Lindasari, sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera.

“Kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung melalui kelompok maupun perorangan, sehingga secara bertahap diharapkan mampu menjadi wiraswasta yang handal,” ujar Lindasari.

Lagipula, tambah Lindasari, kita selaku kaum perempuan jangan hanyamengandalkan pendapatan suami, tetapi kita harus mampu menciptakan usaha sendiri untuk menopang penghasilan keluarga sehingga keluarga kita akan semakin cepat sejahtera. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda