Potret Mulia, AKP Rohima Gendong Lansia Saat Antri Ambil Sembako

555

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Meski tak lagi berusia muda, namun semangat dalam melakukan tugas masih terus bergelora, bersemayam pada sekujur tubuh dan jiwa Kasat Binmas Polres Ogan Komering Ilir (OKI), AKP Rohima, yang akrab disapa Bu Ima ini.

Sebagai salah satu pejabat utama (PJU) di jajaran Polres OKI, AKP Rohima dipercaya menjadi ketua panita kegiatan bhakti sosial dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Sasarannya, masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sejak 14 Juni lalu, pada 22 lokasi, berbagai kegiatan bhakti sosial ia koordinir, mulai dari pembagian paket sembako, pengobatan gratis hingga lainnya. Seperti dilaksanakan di Desa Awal Terusan Kecamatan SP Padang OKI, Kamis (25/6/2020) pagi.

Di desa ini, saat memantau pengobatan gratis dan pembagian paket sembako, AKP Rohima melihat Yut (80), seorang nenek yang datang bersama anak perempuannya, lalu akan mengantri pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan bantuan sembako.

Tak tinggal diam, setelah medampingi lansia tersebut berobat, AKP Rohima yang tergerak rasa kemanusiaannya langsung menyiapkan punggung menggendong lansia itu, sehingga tidak ikut antri demi dapat paket sembako yang mereka bagikan.

Bukan saja menginstruksikan personel agar paket sembako untuk si nenek diantarkan langsung, dengan punggungnya sendiri, AKP Rohima mengendong lansia tersebut untuk mengantarkannya kembali ke rumahnya yang berjarak 300 meter dari lokasi kegiatan digelar.

“Saat pemeriksaan kesehatan, Nenek Yut banyak menyampaikan keluhan penyakitnya. Usai diperiksa, ketika akan beranjak, ia sulit berdiri dan sudah tidak kuat lagi berjalan untuk mengambil bantuan sembako. Karena itu saya antar kembali ke rumahnya,” kata AKP Rohima.

“Kalau harus antri lama dengan kondisi seperti itu, kasihan. Jadi kita perlakukan khusus untuk lansia ini, terlebih lagi dia sedang sakit. Sementara itu paket sembako juga kita antarkan langsung ke rumah si nenek,” tambah AKP Rohima.

Selain memantau kelancaran penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako dan pengobatan gratis, lanjut AKP Rohima, kita juga memberikan imbauan kepada warga terkait kebakaran hutan, kebun dan Iahan (karhutbunla), juga tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda