Polsek Kayuagung Amankan Ratusan Petasan dari Pedagang

79

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – 500 pcs mercon kecil, 1 mercon berdaya ledak tinggi dan 13 mercon berdaya ledak sedang merk roman handle berhasil diamankan Polsek Kayuagung, Kamis (28/12/2023) siang.

“Sekira pukul 13.00 WIB, kita tadi menggelar razia petasan di Pasar Kayuagung. Didapatlah sejumlah mercon itu dari pedagang,” kata Kapolsek Kayuagung IPTU Sudiarto, SH

Kegiatan razia yang pihaknya lakukan tersebut, jelas dia lagi, dalam rangka cipta kondisi jelang malam pergantian tahun baru 2024, sehingga berlangsung aman dan kondusif.

Menurut dia, razia tadi juga diikuti Kanit Sabhara Aiptu Yedi Helpi, Kanit Intelkam Aiptu Adenan, Kanit Binmas Aipda Wibowo F, Kanit Reskrim Bripka Benny Arisandi, Kanit Provos Bripka David K dan personel Polsek Kayuagung lainnya.

“Kriteria petasan yang dilarang berupa petasan ukuran 2 inchi atau lebih serta bunyinya bisa mengakibatkan gangguan pendengaran dan dapat memicu penyakit jantung, serta dapat memicu keributan, perkelahian juga tawuran antar kelompok,” tandas dia.

“Untuk Pedagang yang kedapatan tadi, kita imbau agar tak lagi menjual petasan jenis apapun yang dapat meledak. Karena dapat diancam pidana 10 tahun penjara berdasarkan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda