Polres OKI OTT 5 Orang Oknum Pengurus Ormas

2090

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Lima (5) orang oknum yang diduga tergabung dalam ormas diamankan jajaran Unit Reskrim Polres Ogan Komering Ilir (OKI) dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang terjadi pada hari Rabu (13/8/2020) sore kemarin.

Berdasarkan informasi dihimpun, kelima orang yang dua diantaranya merupakan petinggi dari ormas tersebut ditangkap sekira pukul 17.00 Wib saat berada di kantor Inspektorat Kabupaten OKI.

Selain kelima orang oknum ormas tersebut, dalam operasi tangkap tangan itu, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti uang tunai puluhan juta rupiah yang diduga terdapat unsur pemerasan.

Penangkapan para oknum pengurus ormas ini, informasinya sesaat setelah mereka menerima sejumlah uang dari salah seorang aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Kabupaten OKI.

Adanya kejadian itu, tidak dibantah Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy. Menurut dia, pihaknya saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

“Nantilah kalau soal itu (OTT -red). Memang ada yang diamankan. Tunggu saja secepatnya akan kita gelar perkara. Sejauh ini, masih dilakukan penyelidikan,” ujar Kapolres OKI saat diwawancarai awak media, Kamis (13/8/2020) siang.

Karena, menurutnya, untuk memastikan kasus tersebut pihaknya segera melakukan gelar perkara sebelum 1×24 jam, sejak beberapa orang tersebut diamankan. “Ada prosedurnya, kita akan melakukan gelar perkara dulu,” ujar Kapolres yang enggan menyebut siapa saja yang diamankan, termasuk barang bukti yang disita petugas, mengingat porses saat ini sedang berlangsung.

Sementara itu berdasarkan informasi yang beredar, OTT tersebut berawal dari adanya dugaan kasus korupsi yang terjadi di salah satu OPD di Kabupaten OKI. Kemudian, oknum yang mengatasnamakan ormas itu meminta sejumlah uang sebagai ‘perdamaian’ agar kasus tersebut tidak ditindaklanjuti.

Karena adanya upaya pemerasan yang dilakukan oleh para oknum tersebut, lalu salah seorang ASN OKI berkoordinasi dan melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian. Selanjutnya, uang yang diminta disiapkan. Dan saat diberikan kepada oknum ormas itu, lalu dilakukan penangkapan oleh jajaran Unit Reskrim Polres OKI. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda