Polda Sumsel Gelar Sosialisasi Penyegaran Pemahaman HAM Bagi Personel Polri

20

PALEMBANG, BERITAANDA – Polda Sumsel gelar sosialisasi penyegaran pemahaman Hak Asasi Manusia (HAM) bagi personel Polri dengan metode ceramah dan diskusi, bertempat Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM  4 Palembang, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan ini dipimpin oleh Staf Ahli (Sahli) Kapolri Irjen. Pol. Risyapudin Nursin SIK, serta Staf Ahli Kapolri Bidang HAM Nurcholis, Karo Bakum Divkum Polri Brigjen Pol. Imam Sayuti SH MH MBL, Kombes Pol. Donni Eka Syaputra SH SIK MM, IPDA Vijja Vardhana MG dan Roichatul Ade Udah SIP MA.

Dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo SIK, didampingi Wakapolda Sumsel  Brigjen Pol. M. Zulkarnain SIK M.Si, PJU Polda Sumsel dan para Kapolres/Tabes serta Kapolsek/Ta jajaran Polda Sumsel via join zoom meting.

“Dalam pelaksanaan tugas kita sebagai anggota Polri selalu akan bersentuhan langsung dengan hak-hak asasi masyarakat yang syarat rentan terjadinya pelanggaran HAM, untuk mencegah pelanggaran tersebut maka dalam pelaksanaan tugas harus tetap menjunjung tinggi HAM,” jelas Staf Ahli Kapolri menyampaikan amanat Kapolri.

Staf Ahli Kapolri juga mengatakan bahwa personel harus memahami prinsip-prinsip HAM, oleh karena itu personel Polri dalam melaksanakan tugas harus memahami prinsip HAM. Yang pertama yaitu hak asasi manusia merupakan milik setiap individu. Kedua, melekat berdasarkan martabatnya sebagai manusia. Ketiga, tidak bisa diberi dan diperoleh dengan cara apapun, HAM berlaku untuk semua orang.

“Komitmen Polri di bidang HAM, implementasi dan standar HAM dalam penyelenggaraan tugas boleh untuk seluruh anggota Polri dalam seluruh pelaksanaan tugas, selain itu untuk mendukung komitmen Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan atau Presisi, maka pemulihan HAM dalam pelaksanaan tugas menjadi sangat krusial,” jelas Staf Ahli Kapolri.

Dalam hal ini, Staf Ahli Kapolri menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting karena bisa meningkatkan pemahaman tentang HAM.

“Pendidikan tentang HAM dimulai dari pendidikan pembentukan sampai dengan pendidikan pengembangan melalui berbagai seminar tentang HAM untuk meningkatkan pemahaman tentang HAM bagi seluruh anggota Polri. Sedangkan penyegaran dan update isu-isu dilaksanakan untuk menjawab tantangan tugas situasi terkini, dan yang dilakukan anggota Polri masih terjadi dan menjadi viral di media massa dan media sosial,” jelas Staf Ahli Kapolri.

Staf Ahli Kapolri menambahkan, dalam melaksanakan tugas dengan menggunakan baik, mengedepankan sikap persuasif dalam menangani permasalahan masyarakat, kendalikan emosi dalam menghadapi berbagai situasi, hindari pelanggaran HAM pada saat melaksanakan penegakan hukum, tindakan tegas dan terukur sebagai upaya terakhir secara proporsional.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar anggota tidak melakukan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tugasnya, dan adanya penyegaran kembali tentang HAM dan menjadi sarana menampung dan mendengar permasalahan yang terjadi di lapangan khususnya di bidang HAM,” tambah mantan Kasat Lantas Polrestabes Palembang tersebut.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo SIK berharap kepada seluruh personel agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

“Saya berharap kepada seluruh personel agar serius untuk mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan diharapkan bisa mengaplikasikan dimanapun bertugas, sehingga pelayanan Polri kepada masyarakat yang sudah baik ini lebih humanis dan profesional,” tutup Kapolda Sumsel. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda