Pj. Gubernur Samsudin Pimpin Apel Perdana Dilingkungan Pemprov Lampung

6

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin instruksikan seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan OPD terkait untuk dapat mempertahankan prestasi sebagai 5 besar nasional pada 7 komoditas unggul perkebunan di Provinsi Lampung, yakni lada, kopi, kakao, karet, kelapa, kelapa sawit dan tebu.

“Lampung ini dikenal sebagai provinsi terkaya dengan perkebunannya, untuk itu saya berharap bahwa peran dan kontribusi subsektor perkebunan ini sudah menunjukkan hasil positif, dapat mendukung pembangunan,” ucap Samsudin saat menjadi pembina apel pada apel perdananya sebagai Pj. Gubernur Lampung, bertempat di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Senin (24/6/2024).

Adapun menurut Pj. Gubernur, kontribusi sub sektor perkebunan berperan langsung terhadap pendapatan produk domestik regional bruto (PDRB), penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan masyarakat, pengentasan kemiskinan, perolehan devisa negara melalui kegiatan ekspor hasil perkebunan dan menjaga kelangsungan program ketahanan pangan nasional.

Kemudian selain itu, Pj. Gubernur juga mengatakan bahwa ke depan Provinsi Lampung akan menghadapi perhelatan besar yaitu Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati.

Untuk itu Pj. Gubernur mengingatkan peran aparatur sipil negara sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, bahwa kedudukan seorang pegawai harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

“Netralitas ASN merupakan pondasi utama dalam menjaga integritas dan keadilan dalam demokrasi. Kita harus senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat di atas segalanya, menjaga agar ASN tidak terlibat dalam politik praktis, dan tetap menjunjung tinggi profesionalisme serta integritas sebagai pelayan masyarakat,” tegasnya.

“Marilah kita disiplin untuk terus bekerja dengan baik, disiplin untuk menaati segala peraturan yang mengatur kinerja. Kita harus menjunjung tinggi disiplin, bukan hanya tentang kepatuhan terhadap peraturan semata, namun juga tentang komitmen dan tanggung jawab,” pungkasnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda