Pilkada OKI 2024 Dilaunching, Usung Maskot ‘Si Tikar’

51

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) resmi luncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) serta memperkenalkan ‘Si Tikar’ sebagai maskot Pilkada OKI tahun 2024.

Si Tikar merupakan maskot yang akan digunakan selama pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKI tahun 2024. Tikar sendiri merupakan gambaran budaya dan kearifan lokal masyarakat yang berkembang di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI.

“Peluncuran maskot Pilkada OKI bukan hanya dijadikan sebagai simbol saja, akan tetapi sekaligus sebagai alat edukasi penting bagi semua lapisan, terutama bagi pemilih pemula untuk berperan aktif dan menggunakan hak suaranya pada pilkada nantinya, serta pengingat akan pentingnya peran aktif masyarakat dalam proses demokrasi,” ujar Pj. Bupati OKI Ir. Asmar Wijaya M.Si pada malam kegiatan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKI di halaman GOR Biduk Kajang Kayuagung, Rabu (12/6/2024).

Asmar juga menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih.

“Tentunya harapan kita tidak hanya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 yang meningkat, tetapi juga kesadaran politik yang cerdas dan bermartabat sehingga menjadikan tingkat kepemilihan OKI ini menjadi berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU OKI Muhammad Irsan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKI tahun 2024 merupakan kegiatan berskala nasional.

“Peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKI tahun 2024 merupakan kegiatan berskala nasional yang dilaksanakan sebagai tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan kepala daerah serentak pada tanggal 27 November 2024,” ujar Irsan.

Irsan juga berharap semua penyelenggara dapat saling berkoordinasi dan berkomunikasi sesuai aturan ketentuan dalam menyukseskan Pilkada nantinya.

“Dan apa yang nantinya dipilih masyarakat, itulah hasil terbaik yang akan memimpin Kabupaten Ogan Komering Ilir, jaga selalu kekompakan, tetap solid menjunjung tinggi integritas, menguatkan mental dan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas. Mari kita sama-sama menjaga ketentraman, keamanan dan ketertiban sehingga Pilkada berjalan dengan aman dan lancar,” tutup Irsan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda