Perilaku ASN Harus Melayani, Bukan Dilayani

440

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Hari kesadaran nasional di Tapanuli Selatan (Tapsel) diwarnai pesan moral. Bahwasanya, seorang ASN harus selalu meningkatkan motivasi kerja, perbaharui pola pikir, berperilaku melayani bukan dilayani.

“ASN harus berpedoman pada Panca Prasetya Korpri dalam melaksanakan tupoksinya. Selalu bersikap disiplin, tertib bekerja. Memperkokoh dedikasi, integritas, dan loyalitas tinggi dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa, negara,” kata Wakil Bupati Tapsel, Aswin Efendi Siregar.

Aswin mengatakan itu, Jumat (17/1/2020), saat bertindak sebagai inspektur upacara (irup) di hadapan ratusan aparatur sipil negara (ASN), memperingati hari kesadaran nasional (HKN), di lapangan Parade Pemkab Tapsel, Jalan Prof. Lapran Pane, Sipirok.

Dia pun mengajak seluruh ASN untuk sejenak merefleksikan diri, atas capaian kerja di tahun 2019 kemarin. Hal apa saja lagi yang masih perlu dibenahi, sehingga masyarakat Tapsel dapat lebih merasakan buah manis dari karya pengabdian yang diberikan selama ini.

Apalagi Januari 2020, Pemkab Tapsel di bawah kepemimpinan Bupati Syahrul berhasil meraih dua penghar­gaan. Dari Menteri Agama RI, atas peran serta dan kontribusi dalam mewujudkan kerukunan umat beragama dan pembangunan keagamaan di Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian, dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, sebagai pembina terbaik kedua kecamatan kategori kabupaten se-Sumatera Utara sekaligus anugerah Kecamatan Batang Angkola yang didaulat menjadi kecamatan terbaik kedua se-Sumatera Utara.

“Prestasi yang didapatkan itu, tentunya harus bisa menjadi penyemangat bagi para ASN untuk melakukan berbagai perub­a­han. Salah satunya merubah paradigma, diikuti dengan tekad bulat dan keinginan kuat meninggalkan kebiasaan buruk dalam bekerja,” ujar Aswin.

ASN, ditegaskannya, harus memahami bahwa good governance and clean government hanya dapat diwujudkan melalui kinerja yang bersih, profesional, transparan, akuntabel. Melayani dan memberdayakan masyarakat serta miliki etos kerja yang tinggi dan berakhlakul karimah. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda