Perbaikan Jalan Cengal, Muspika Inisiasi Perusahaan dan Pemkab Lakukan Perawatan Rutin

309

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menginisiasi perusahaan perkebunan untuk memperbaiki kerusakan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Cengal Kabupaten OKI. Sementara, Pemkab OKI melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melakukan pemeliharaan rutin.

Camat Cengal Herkules mengatakan, pihaknya bersama Muspika Kecamatan dan perusahaan telah melakukan swadaya untun memperbaiki kerusakan sejumlah ruas jalan di wilayah itu.”Kita sudah melakukan perbaikan di sejumlah titik yang rusak parah. Perbaikan ini melibatkan stakeholder yang ada,” ungkap Herkules, Rabu (24/6/2020).

Muspika Kecamatan, tambah Herkules, sebelumnya meminta kepada PT. London Sumatera (Lonsum) dan PT. Samora, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan untuk membantu perbaikan jalan. “Kita dibantu oleh perusahaan. Memang terkendala hujan serta kerusakan alat berat, sehingga perbaikan sempat terhenti. Perbaikan segera dilanjutkan kembali,” ungkap dia.

Adapun ruas jalan yang akan dilakukan perbaikan, terang Herkules, antara lain ruas Simpang Palembang-Cengal, Cengal-Talang Rimba, Cengal-Rimba Nanjung, Cengal-Sungai Jeruju, Cengal-Kebon Cabe dan Ulak Kendondong.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten OKI, Ir. Hafidz, MM mengatakan, pemkab telah mengalokasikan perbaikan rutin untuk ruas-ruas jalan kabupaten. “Kita lakukan perawatan rutin, khusus spot-spot tertentu akan dilakukan perbaikan khusus,” tegas Hafidz.

Sejatinya, menurut Hafidz, perbaikan permanen terhadap jalan di kecamatan ini dapat dituntaskan pada tahun 2020 ini, namun karena adanya refocusing anggaran perbaikan itu masih tertunda. “Sudah kita alokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan konstruksi jalan secara permanen, namun tertunda karena adanya refocusing anggaran akibat Covid-19,” terang Hafidz.

Meski demikian, ungkap Hafidz, Pemkab OKI melalui Dinas PUPR memastikan tetap akan melakukan perawat rutin. “Perbaikan akan segera dilakukan melalui kegiatan pemeliharaan dengan dana penyanggah jalan kabupaten tahun 2020,” pungkas Hafidz. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda