Pemprov Lampung Segera Gelar Pasar Murah

47

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri secara virtual, di Ruang Command Center Lt.II Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Senin (9/10/2023).

Inflasi nasional pada September 2,28% (yoy) dan 0,19% (mtm), menurun jauh bila dibandingkan pada September 2022 sebesar 5,95%. Walaupun inflasi relatif terkendali, Mendagri mengajak seluruh pihak agar tidak terlena.

Mendagri mengungkapkan, angka inflasi (mtm) pada bulan Agustus 2023 sebesar -0,02% dan naik menjadi 0,19% pada September 2023 mengindikasikan terjadinya kenaikan harga-harga komoditas.

“Fokus daerah mana yang naik, kita tekan. Daerah yang sudah bagus, inflasinya terkendali dibawah nasional berusaha untuk bisa diturunkan. Kita fokus pada komoditas apa yang menyebabkan terjadinya kenaikan di daerah itu,” kata Mendagri.

Mendagri meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk terus berkoordinasi dengan BPS yang ada di setiap daerah, serta melakukan pengecekan langsung di lapangan oleh Satgas Pangan.

Sementara itu, Sekdaprov Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa inflasi Lampung dalam posisi yang terkendali. Terkait penyerapan dekonsentrasi yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional, Sekdaprov menjelaskan saat ini telah berprogres.

Sekdaprov selanjutnya mengungkapkan, atas persetujuan Gubernur, pemerintah provinsi dalam waktu dekat akan segera menggelar pasar murah dalam rangka mendukung stabilisasi harga beras menggunakan alokasi anggaran belanja tak terduga (BTT), bersinergi dengan stakeholder/lembaga terkait. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda