Pemkab Nias Gelar Rapat Koordinasi Bidang Pembangunan Tahun 2019

90

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias menggelar rapat koordinasi bidang pembangunan tahun 2019, bertempat di ruang rapat lantai tiga kantor bupati setempat, Selasa (18/6/2019).

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menyampaikan, dalam rangka pencapaian visi dan misi pembangunan yang terimplementasikan dalam pencapaian tujuan serta sasaran dari setiap program dan kegiatan, maka perlu dilakukan pengendalian yang pelaksanaannya dilakukan sebagai upaya agar berjalannya program dan kegiatan-kegiatan tersebut pada setiap periode perencanaan serta penganggaran.

Lanjut bupati, evaluasi merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses pelaksanaan pembangunan daerah. Oleh karena pada tahap ini juga akan berjalan fungsi pengendalian, dimana kita dapat melakukan koreksi-koreksi atau pun dukungan yang bertujuan untuk menata, mengarahkan, mendukung setiap proses pelaksanaan kegiatan pembangunan, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Disamping mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang tidak perlu.

“Pada rapat koordinasi bidang pembangunan ini, saya menegaskan beberapa hal sekaligus yang menjadi prioritas perhatian kita bersama terkait dengan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran di masing-masing organisasi perangkat daerah,” kata dia.

Jelasnya lagi, mengingat semester pertama tahun anggaran 2019 telah selesai, dimana kondisi idealnya realisasi fisik dan keuangan seyogyanya harus mencapai 50%. Untuk itu, ia sangat mengharapkan perhatian dari kepala perangkat daerah/unit kerja agar lebih meningkatkan kinerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta mengintensifkan penyerapan anggaran guna mendorong percepatan pencapaian target kinerja sebagaimana target di dalam dokumen perencanaan dan anggaran tahun 2019.

“Kiranya rapat koordinasi ini dapat menjadi wahana brain-storming yang ditandai dengan munculnya ide-ide konstruktif dalam pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul baik secara administrasi, keuangan maupun fisik dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nias,” harapnya.

Rakor bidang pembangunan tersebut dibuka secara resmi oleh bupati dan dihadiri oleh Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Inspektur Daerah Kabupaten Nias, Sekretaris DPRD Kabupaten Nias, Kepala Dinas/Kepala Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias, Kepala Bagian lingkup Setda Kabupaten Nias, camat se-Kabupaten Nias, dan undangan lainnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda