Onboarding Talenta Wirausaha BSI di Palembang Cari Wirausahawan Muda

192

PALEMBANG, BERITAANDA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengadakan Onboarding Talenta Wirausaha BSI (TWB) Graha Sriwijaya Universitas Sriwijaya (Unsri), Selasa (14/3/2023), yang diisi dengan eskpo UMKM, inspiring speech, dan talkshow.

TWB merupakan program inkubator bagi para wirausahawan muda dan musilm preneur untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global. Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) go halal, go digital dan go global.

Komisaris Independen BSI M. Arief Rosyid Hasan menyampaikan, rasio pengusaha di Indonesia masih rendah, yakni 3,74%. Padahal, untuk masuk ke dalam kategori negara maju, kita harus mendongkrak rasio ini.

“Untuk mewujudkan Indonesia maju, kita butuh melompat ke persentase 12% wirausaha. Oleh karena itu, BSI melalui program TWB ini mendukung upaya peningkatan jumlah wirausahawan tersebut. Selain di lingkungan civitas akademika seperti di Unsri ini, kami juga masuk ke masjid dan pesantren-pesantren untuk mencari bibit-bibit muslim preneur,” jelas Arief.

Sementara, RCEO BSI Region 3 Palembang Wachjono menegaskan, sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI berkomitmen untuk menjalin sinergi dan berkolaborasi dengan para pihak, termasuk perguruan tinggi. Pemilihan Unsri sebagai lokasi onboarding TWB 2023 adalah menyambungkan sinergi dengan perguruan tinggi terbaik di Sumatera Selatan.

“Selain itu, Unsri memiliki komitmen yang sejalan dengan BSI dalam pengembangan wirausaha berbasis komunitas”, kata Waberbasi

Pada tahun kedua pelaksanannya, TWB mengajak calon wirausaha dan wirausaha eksisting untuk empat kategori, yakni kategori pemula, kategori rintisan, kategori berdaya, dan kategori santri. Melalui keempat kategori ini diharapkan BSI dapat memfasilitasi para wirausaha untuk beradu ide sesuai dengan segmentasi usaha.

Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti TWB 2023 dengan menyasar kota-kota besar diantaranya Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banten, Banjarmasin, Balikpapan, dan lainnya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda