Mulai Hari Ini Operasi Zebra Musi 2023 Digelar

248

PALEMBANG, BERITAANDA – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Selatan (Sumsel) Brigjen Pol. M. Zulkarnain SIK M.SI pimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Musi 2023, bertempat di halaman Ditlantas Polda Sumsel, Senin (4/9/2023).

Wakapolda melalui Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Supriadi MM mengatakan, Operasi Zebra Musi 2023 ini dilakukan guna menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Untuk itu, kata Supriadi, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan untuk mematuhi aturan berlalu lintas.

“Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai pada 4 hingga 17 September 2023 dengan tema ‘Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024’, ” kata dia saat ditemui usai apel gelar Operasi Zebra Musi 2023.

Di tempat yang sama, Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol. M. Pratama Adhyasastra mengatakan, pada Operasi Zebra Musi 2023 ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang akan ditegakkan oleh petugas Satuan Lalu Lintas, yakni menggunakan ponsel saat berkendara, mengemudi kendaraan yang masih di bawah umur, serta sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

“Selain itu, tidak menggunakan helm, sabuk pengaman, melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan melebihi batas kecepatan, serta kendaraan roda dua jangan mempergunakan knalpot brong,” ujarnya lagi.

Diselenggarakannya Operasi Zebra Musi 2023 ini, menurut dia, untuk memberikan edukasi serta penegakan hukum bagi para pengguna jalan agar selalu patuh dalam berkendaraan.

Dia mengatakan, Operasi Zebra tahun ini mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum, baik statis maupun mobile serta teguran simpatik dalam meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Operasi ini dilakukan untuk keselamatan kita bersama. Maka dari itu, diminta para pengendara agar mematuhi semua aturan tersebut. Kita mengimbau kepada masyarakat untuk melengkapi surat kendaraan, karena keselamatan adalah hal utama dalam berkendara,” tutur alumni Akpol 91 tersebut. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda