Kata Mendes Halim di OKI Ada Desa Surga

668

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Selain memuji atas pesatnya kemajuan pembangunan yang terjadi di Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan saat berkunjung langsung ke desa tersebut, Sabtu (18/1/2020) pagi. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd juga berpesan dan mengingatkan agar seluruh masyarakat Desa Sedyo Mulyo mampu meningkatkan daya tahan terhadap godaan narkoba dan radikalisme.

“Begitu sampai disini, saya terkagum-kagum ternyata di Kabupaten OKI ada desa sebagus, hebat dan maju seperti Desa Sedyo Mulyo ini. Tetapi saya ingatkan, jangan lupa harus bisa juga tingkatkan daya tahan terhadap godaan narkoba dan radikalisme,” kata dia.

Dua poin ini sangat penting dihindari, Kata dia lagi, percuma jika pembangunan maju dan berkembang pesat, namun tak mampu menahan godaan narkoba dan radikalisme, yang dampaknya dapat merusak tatanan selama ini terjaga dengan baik. Oleh sebab itu harus diantisipasi jangan sampai terjadi.

“Disamping itu, saya ingatkan juga, begitu dana desa (DD) turun, segera pergunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin,” tandas dia seraya menyebut, Desa Sedyo Mulyo yang merupakan salah satu desa terbaik di Indonesia ini merupakan desa surga.

Ia menerangkan, desa surga adalah desa yang telah mampu berikan kesejahteraan kepada masyarakatnya. Tidak hanya itu, desa surga juga memberikan kenyamanan, kesejukan, keamanan, dan ketentraman, sehingga masyarakat betah untuk tetap tinggal di desa.

“Oleh karena itu, saya ingin memperbanyak desa surga. Desa surga itu semua untuk warga. Jadi kalau warganya sejahterah, pembangunannya untuk warga, tidak ada sesuatu yang lain, ya untuk warga,” terang dia.

Dirinya juga menyebut bahwa dana desa yang dikucurkan ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sebesar Rp293 miliar sudah terealisasi mencapai 100 persen. Tentu ini berkat peran serta semua pihak.

“Maka dari itu saya ucapkan terima kasih kepada bupati dan para kepala desa, sebab dana desa disini terserap dengan baik,” jelas dia.

“Ada perubahan mekanisme dana desa di tahun 2020, yakni langsung ditransfer ke rekening desa tanpa melalui kas daerah. Hal itu bagian dari upaya percepatan realisasi dana desa. Gunakan sebaik-baiknya untuk infrastruktur padat karya, agar warga di desa semakin berdaya,” ujar dia.

Selain berdialog dengan masyarakat, Menteri Desa (Mendes) Halim juga mengunjungi balai desa serta infrastruktur lainnya yang ada di Desa Sedyo Mulyo. Mendes juga kagum dengan koperasi desa yang mampu menjadi mitra pemerintah desa dalam membangun desa.

“Ini koperasinya lengkap, punya produk lengkap, ekonomi di desa ini bergerak,” jelasnya.

Sementara Bupati OKI H. Iskandar, SE merasa bersyukur visi membangun OKI yang dimulai dari desa selaras dengan visi presiden membangun Indonesia dari pinggiran, sehingga mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

“Kami berterimaksih kepada pemerintah, dana desa telah mampu menjadi penggerak ekonomi di desa. Kami yakin akan makin banyak desa surga di Ogan Komering Ilir,” tandas Iskandar seraya mengatakan, dengan hadirnya bapak menteri kesini, kita semakin semangat membangun OKI agar lebih maju. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda