Kapolres OKU Timur Tinjau Proses Penyortiran dan Pelipatan Kertas Suara Pemilu 2024

39

OKU TIMUR, BERITAANDA – Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH meninjau proses penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 2024, Sabtu (6/1/2024).

Dalam peninjauan ini, Kapolres didampingi Kabag Ops Polres OKU Timur Kompol Tamimi SH MM,  Kasat Samapta Polres OKU Timur AKP Jumedi SH, Kasat Intelkam Polres OKU Timur IPTU Arie Gusman SE MM serta KBO Sat Intelkam Polres OKU Timur IPDA Bastian SH.

Peninjauan dan pengamanan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 2024 berlangsung di gudang penyimpanan logistik KPU OKU Timur yang berada di Asrama Haji OKU Timur di Desa Kotabaru Selatan Kecamatan Martapura.

AKBP Dwi Agung Setyono mengatakan, peninjauan proses pelipatan surat suara untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pelipatan kertas suara.

“Menjelang Pemilu, Polres memang terus melakukan monitoring berbagai tahapan Pemilu. Hari ini kami bersama KPU dan Bawaslu melakukan pengecekan tahapan sortir dan lipat surat suara. Tujuannya untuk memastikan pelaksanaan berjalan sesuai dengan prosedur, sejauh ini berjalan lancar,” ujarnya.

Polres OKU Timur juga melakukan penebalan pengamanan, terutama di gudang logistik Pemilu.

“Sekarang kami tambah personel, kita juga menempatkan polwan untuk ikut mengawasi jalannya sortir dan lipat surat suara,” katanya.

Penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), pemilihan legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD, dimana masing-masing berjumlah 509.823 lembar surat suara. Jadi jumlah keseluruhannya mencapai 2.549.115 lembar surat suara untuk Pemilu 2024.

Sedangkan untuk pelipatan surat suara tersebut akan berlangsung selama 20 hari, sejak pagi hingga sore. Selain itu, kertas surat suara yang terlipat ini nantinya akan ada penyortiran, pembagian dan pemisahan per kecamatan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda