Kapolda Sumsel Monitoring Jalur Mudik dan Balik Lebaran

20

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo dan rombongan meninjau persiapan jalur mudik lebaran 2024.

Kapolda juga meninjau ruang pusat kendali Command Centre Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumsel di Terminal Alang-Alang Lebar (AAL), Selasa (2/4/2024) siang.

Kapolda mengatakan, pihaknya bersama seluruh stakeholder menggelar Operasi Ketupat dalam rangka memberikan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam peninjauannya itu, Kapolda Sumsel menitik beratkan masalah kondisi ruas jalan yang menjadi hal yang sangat krusial dan mendapatkan prioritas.

“Khusus untuk ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Betung pada arus mudik lebaran sering terjadi kemacetan,” ujar Kapolda.

Salah satunya, kata Kapolda, termasuk mengatasi adanya pasar-pasar tumpah disepanjang Jalintim tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda menjelaskan, terhitung sejak tanggal 5 hingga 16 April 2024 pada pukul 09.00 WIB akan mulai dilakukan pembatasan operasional angkutan barang.

Pembatasan itu diberlakukan untuk ruas jalan tol dan non-tol, terkecuali untuk mobil angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM). Selain itu, Bahan Bakar Gas (BBG), hantaran uang, hewan dan pakan ternak, pupuk dan bahan pokok.

“Mulai hari Jumat (5/4/2024) April 2024 pukul 09.00 WIB hingga Selasa (16/4/2024) pukul 08.00 WIB,” kata dia.

Mantan Kapolda Jambi ini juga mengimbau kepada pemudik untuk tetap berhati-hati dan hanya melakukan perjalanan mudik siang hari, dan jangan sampai malam hari.

Sementara, Kepala BPTD Kelas II Sumsel, Denny Michels Adlan menyebut, untuk arus mudik lebaran tahun ini, command center memantau sebanyak 27 titik ruas jalan dalam Kota Palembang.

“Pantauan command center berfungsi pada saat lebaran dan difungsikan sebagai posko induk BPTD Sumsel,” jelas dai. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda