Jaring Aspirasi Warga, Reka Oktarina Reses di Kecamatan Lempuing Jaya

448

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dalam kegiatan reses digelar di Balai Desa SP 5A Tania Makmur Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dihadiri langsung oleh kepala desa berikut perangkatnya dan juga masyarakat desa setempat, Kamis (23/1/2020) sore.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKI, Reka Oktarina, SKm saat kunjungan kerja dalam rangka reses 1 tersebut menjaring aspirasi yang disampaikan kepala desa dan masyarakat setempat, diantaranya infrastruktur jalan dan keamanan.

Untuk infrastruktur jalan, masyarakat desa meminta akses jalan poros dari simpang Bambu Kuning atau Desa Muktisari sampai ke simpang Desa Rantau Durian agar diperbaiki dan dilalukan pengerasan. Karena dikhawatirkan apabila musim hujan kondisi jalan tersebut sering menjadi penghambat transportasi masyarakat.

“Dari pantauan memang jarak jalan poros cukup panjang, sehingga perlu alokasi dana yang cukup besar, tapi hal ini harus kami sampaikan dan prioritaskan. Karena masalah¬†infrastruktur jalan juga merupakan program dari pemerintah saat ini,” kata Reka Oktarina.

Kepala Desa SP 5A Tania Makmur, Arsani mengatakan, tentang keamanan terutama di jalan poros Muktisari ke Rantau Durian serta dalam seputaran lingkungan desa yang ada di daerah perkebunan, mencakup 5 desa, hal ini pernah dibicarakan dengan Kapolsek terkait pendirian pospol, dan desa siap menghibahkan tanah sebagai lokasinya.

Menangapi hal tersebut, Reka Oktarina mengatakan, masalah itu karena saat ini kepolisian memang kurang personelnya, dan jarak yang jauh sekitar 10 Km dari Polsek, serta kondisi jalan juga kadangkala sulit dilalui untuk melakukan pemantauan keamanan.

“Solusinya, agar dibuat permohonan atau izin mendirikan pospol dan permintaan personel pospol. Untuk lahan dan bangunan, silahkan buat panitia pembangunan dengan cara swadaya, lahan hibah dan biaya bangunan dari pengajuan CSR perusahaan sekitar atau dana kemasyarakatan KUD yang ada, ataupun donatur yang bersedia membantu pembangunan,” pungkas Reka Oktarina. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda