Hari Santri Nasional, Peran Besar Kaum Nahdiyin

436

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Peringatan Hari Santri Nasional ke-5 tahun diadakan kaum Nahdiyin Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (19/10/2019).

Dalam peringatan Hari Santri Nasional di Desa Kurnia Jaya tersebut diisi dengan berbagai pertunjukan, seperti pembacaan inti dari kitab kuning, shalawat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, hadrah, serta tausiyah dari Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Pasuruan Jawa Timur KH Ishomuddin MPd.

Sementara itu, Ustadz Dr Syamsul Arifin atas nama ketua panitia pelaksana mengatakan, ia berharap suasana santri bisa terwujud walaupun harus membutuhkan perjuangan yang keras untuk mewujudkannya.

“Niat kami lillahitaala, berharap suasana santri pesantren di Beltim ini bisa terwujud, walaupun hal ini tidak lah mudah untuk merealisasikannya. Namun bagi kami tentunya butuh perjuangan,” ungkap Ustadz Piping, panggilan akrabnya.

Ustadz Piping berharap pula dengan memperingati hari santri ini tak terlepas dari sejarah perjuangan para ulama tempo dulu.

“Kami anak NU (Nahdatul Ulama), warga nahdiyin mengingat resolusi jihat para ulama pendahulu dengan peran sertanya mencentuskan kemerdekaan negeri ini,” ujarnya.

KH Ishomudin MPd dalam tausiyahnya memaparkan berbagai macam hal tentang sejarah kaum nahdiyin, senantiasa berbuat baik sesuai ajaran Rasulullah, serta mengingatkan betapa pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

“Kita harus bangga dengan negeri kita ini, dengan aneka ragam suku agama dan budaya, ribuan pulau, suku, bahasa adat budaya merupakan anugrah Allah kepada negara kita Indonesia. Orang luar negeri pun kagum dan bangga pada Indonesia,” ujar Kyai. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda