Garuda Terbang Setiap Hari Palembang-Jakarta

86

PALEMBANG, BERITAANDA – Maskapai Garuda Indonesia menambah frekuensi terbang Palembang-Jakarta dari semula tiga kali dalam sepekan menjadi setiap hari.

Manager Marketing Garuda Indonesia Cabang Palembang, Meisye Paulina Tambunan mengatakan, penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng hanya menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan GA109 satu kali setiap hari dengan jadwal penerbangan dari Palembang, yakni pada pukul 11.35 Wib.

“Kita terbang setiap hari mulai awal Juni, namun penumpang harus tetap mematuhi aturan yang ada jika memasuki daerah tertentu, sehingga harus memenuhi semua administrasi yang disyaratkan. Sebab, jika tidak maka Garuda tidak bertanggung jawab atas karantina mandiri yang diwajibkan bagi penumpang dengan 14 hari di hotel yang sudah ditunjuk Gugus Tugas dengan biaya ditanggung sendiri oleh penumpang,” ujarnya, Kamis (4/6/2020).

Mesiye mengatakan sesuai PM25, SE Menkes 313/2020, Pergub DKI No.47 Tahun 2020, bahwa mulai 26 Mei 2020 setiap penumpang diwajibkan memiliki surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku tujuh hari atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga hari pada saat keberangkatan.

Kemudian khusus untuk perjalanan keluar masuk wilayah Jakarta, melengkapi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Untuk informasi detail SIKM, calon penumpang dapat mengunjungi situs corona.jakarta.go.id atau http://bit.ly/SIKMJABODETABEK. Sedangkan untuk surat pernyataan perjalanan yang dapat didownload di bit.ly/SuratPernyataanPerjalananGA.

“Garuda selalu beroperasi memenuhi protokol kesehatan yang wajib dilakukan penumpang, hingga yang dilakukan pada perawatan dan awak kabin memastikan kenyamanan penumpang dan mencegah penularan Covid 19,” ujarnya.

Sementara itu, Branch Manager Sriwijaya Air Distrik Palembang, Yudo mengatakan, Sriwijaya Air dan Nam Air juga sudah mulai terbang setiap hari Jakarta-Palambang dan rute lainnya yakni Palembang-Solo. Saat ini khusus rute Palembang-Solo masih terbang tiga kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu dan Jumat mulai 1-15 Juni.

“Iya, Sriwijaya Air dan Nam Air terbang setiap hari lalu, jadwal penerbangan dan harga tiket bisa cek langsung di laman tiket.com,” ujarnya.

Sementara itu Lion Air justru menghentikan sementara operasional semua grup penerbangan penumpang berjadwal domestik dan internasional, yang dijadwalkan mulai 5 Juni 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, keputusan Lion Air Group dengan pertimbangan atas evaluasi setiap pelaksanaan operasional penerbangan sebelumnya, bahwa banyak calon penumpang yang tidak dapat melaksanakan perjalanan udara disebabkan kurang memenuhi kelengkapan dokumen-dokumen sebagaimana persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan selama masa kewaspadaan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Lion Air Group memfasilitasi kepada calon penumpang yang sudah memiliki atau membeli tiket (issued ticket) dapat melakukan proses pengembalian dana tanpa potongan (full refund) atau perubahan jadwal keberangkatan tanpa tambahan biaya (reschedule) melalui kantor pusat dan kantor cabang penjualan tiket (ticketing town office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia, layanan kontak pelanggan (call center) 021-6379 8000 dan 0804-177-8899 atau melalui e-mail refund.voucher@lionair.co.id. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda