Diduga Emak-emak Hingga Remaja Gemar Berjudi, Polsek Cengal Bertindak Cepat

901
Saat anggota Polsek Cengal datangi salah satu lokasi diduga sering digunakan sebagai tempat permainan mengarah ke perjudian.

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Mendapat banyak laporan maraknya permainan yang mengarah ke perjudian di Desa Cengal Kecamatan Cengal Ogan Komering Ilir (OKI), polisi pun bertindak cepat.

Sebelum melakukan tindakan tegas, Polsek Cengal terlebih dahulu melakukan langkah persuasif dengan door to door memberikan imbauan. Bukan hanya ke sekolah, juga ke lokasi – lokasi diduga kerap digunakan warga melakukan permainan tersebut.

Sekira pukul 09.00 WIB, melalui program Jumat Curhat, anggota Polsek dipimpin Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana SH datangi SMP Negeri 2 Cengal untuk memberikan penyuluhan ke para pelajar di sekolah itu.

“Kita mendapat banyak laporan dari masyarakat terkait maraknya permainan mengarah ke perjudian terjadi di lingkungan Desa Cengal Kecamatan Cengal OKI,” kata dia, Jumat (20/10/2023).

Ironisnya, permainan itu dilakukan didominasi oleh kalangan ibu-ibu rumah tangga, anak-anak serta remaja. Permainan tersebut berupa main kartu atau remi, serta permainan etet-etetan atau bingo.

“Oleh karena itu, kita mendatangi sekolah-sekolah, salah satunya ke SMPN 2 Cengal untuk berikan penyuluhan. Usai dari sana, kita bersama Tripika serta Pemerintah Desa Cengal berkeliling secara door to door. Kita mendatangi lokasi – lokasi diduga sering dijadikan tempat berkumpul untuk permainan mengarah perjudian, karena hal tersebut merupakan salah satu penyakit masyarakat,” tandas dia.

Kepada warga yang berada di lokasi tersebut, lanjut dia, dirinya bersama Kanit Binmas Aiptu Dadang SH menerangkan apabila imbauan dan sosialisasi ini tidak diindahkan maka akan bertindak tegas.

“Pihak Polsek Cengal akan memanggil orang-orang yang terlibat dalam permainan judi tersebut dan akan memproses sesuai hukum yang berlaku, karena akibat penyakit masyarakat ini dapat menimbulkan hal-hal negatif lainnya,” imbuh dia.

Terutama di kalangan rumah tangga, sambung dia, karena banyak suami yang mengeluhkan istrinya jarang memasak karena kecanduan permainan itu dan mengganggu aktivitas warga sekitar.

“Kita juga melalui Bhabinkamtibmas Polsek Cengal dan Polisi RW Desa Cengal memasang berupa stiker imbauan kamtibmas dilarang melakukan permainan perjudian dalam bentuk apapun, ditempel dibeberapa tempat di Desa Cengal, agar dipatuhi oleh seluruh masyarakat,” harap dia.

Terkait langkah yang dilakukan tersebut, disambut positif oleh tokoh masyarakat dan agama setempat, salah satunya Ustadz Andi. Ia sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Cengal, Polsek, dan Pemdes. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda