Dankormar Ikuti Seminar Internasional 100 Years of Internasional Cooperation In Hydrography

7

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono mengikuti seminar internasional secara virtual di auditorium Pushidrosal, ruang rapat Agoes Soebekti, Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Kwitang Jakarta Pusat, Senin (18/10).

Seminar diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2021, dengan keynote speaker Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, dan SecGen IHO Dr. Mathias Jonas tentang penayangan video expedition Aurora tersebut mengusung tema ‘One Hundred Years of International Cooperation in Hidrography’.

Seminar internasional ini dibuka oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan MAP.

“Dengan keberhasilan Ekspedisi Jala Citra I 2021 Aurora ini, bangsa Indonesia telah menunjukkan kepada dunia bahwa dengan kolaborasi antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pushidrosal bersama Kementerian,  Kelembagaan, Akademisi dan Organisasi profesi terkait pada tingkat nasional, secara nyata mampu menyelenggarakan kegiatan riset dan penelitian kelautan secara mandiri, ” kata Kasal dalam sambutannya.

Orang nomor satu di TNI AL tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan Ekspedisi Jala Citra I – 2021 Aurora ini juga bertepatan dengan momentum emas Hari Hidrografi Dunia yang Ke-100 pada tanggal 21 Juni 2021 yang mengambil tema ‘One Hundred Years of International Cooperation in Hydrography’.

Sejalan hal tersebut tujuan dilaksanakannya Ekspedisi Jala Citra I 2021 Aurora adalah untuk mensosialisasikan dan mewujudkan peran TNI Angkatan Laut dalam mendukung Bangsa Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kasal juga menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada tim penyusun atas kerja keras dan dedikasinya, sehingga dokumentasi Ekspedisi Jala Citra I-2021 Aurora dapat diterbitkan dan ucapan terima kasih atas dukungan serta partisipasi semua pihak dalam menyiapkan dan melaksanakan ekspedisi ini termasuk kementerian, lembaga negara, universitas dan organisasi profesi terkait.

“Diharapkan kolaborasi dan kerjasama ini dapat diteruskan dan dikembangkan dalam kegiatan ekspedisi yang akan datang,” pungkas Kasal.

Hadir mendampingi Komandan Korps Marinir dalam seminar internasional tersebut Asintel Dankormar Kolonel Marinir Bambang Wahyuono SAP, Asops Dankormar Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Aspotmar Dankormar Kolonel Marinir Raja E. Girsang SE MM, serta Kadispen Kormar Kolonel Marinir Gugun Saeful R. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda