Bahas Pembangunan Kantor Pemerintahan, Bupati Sintang Terima Kadis Perkim Kalbar

196

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menerima kedatangan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Kadis Perkim) Provinsi Kalimantan Barat Hendra Bachtiar dan jajaran beserta konsultan di Pendopo Bupati Sintang, Kamis (23/1/2020).

Hendra Bachtiar kepada Bupati Sintang yang didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang Zulkarnaen, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Akhmad Darmanata dan Sekretaris Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang Supomo menjelaskan, pihaknya mendapatkan arahan dan perintah untuk segera memproses langkah pembangunan kawasan kantor pemerintahan.

“Dari hasil studi kami, lokasi pembangunan kantor pemerintahan ada di Jeora Satu yang sangat layak karena banyak faktor. Lokasi balai agung kontur tanahnya tidak mendukung, dan kekurangan lainnya. Sehingga selanjutnya, kedatangan kami ke Sintang untuk mengurus kelengkapan IMB. Kami membutuhkan dukungan dari Pemkab Sintang soal pemenuhan kebutuhan persyaratan administrasi,” terang Hendra Bachtiar.

“Kami juga sedang berkoodinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang dalam mengurus amdal yang pengerjaannya dilakukan Pemkab Sintang. Mohon supaya proses amdal dan IMB bisa lancar. Kami juga minta bantuan Pemkab Sintang untuk siapkan air bersih dan listrik. Tahun ini, kami akan bersihkan lahan, bangun jalan dan ratakan tanah. Kami juga sudah melihat langsung lokasinya,” tegas dia.

Menanggapi hal tersebut, bupati menjelaskan bahwa pemkab sudah menyiapkan lahan sekitar 32 hektare untuk kawasan kantor pemerintahan.

“Kami siap memberikan dukungan. Proses pengurusan amdal dan IMB akan kami bantu sepenuhnya supaya lancar. Administrasi yang diperlukan untuk memperlancar pengurusan amdal dan IMB akan kita siapkan. Kita mengharapkan dengan dibangunnya kantor pemerintahan di Jerora Satu nanti, akan tumbuh kota baru menuju ke Kelam Permai. Listrik tidak ada masalah. Air bersih juga kita siap suplai ke sana. Kami juga akan pertimbangkan kelanjutan pembangunan TPA sampah di sana,” terang Bupati Sintang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang Zulkarnaen mengaku siap membantu semua keperluan administrasi untuk kelancaran persiapan lokasi pembangunan kantor pemerintahan.

“Kami siap bantu untuk seluruh persyaratan administrasi rencana pembangunan kantor pemerintahan, sesuai kewenangan kami,” terang Zulkarnaen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Akhmad Darmanata juga menyampaikan kesiapan pihaknya dalam memproses amdal pembangunan kantor pemerintahan.

“Kalau berkas administrasi sudah lengkap, akan langsung kami kerjakan. Pengajuan sudah ada yang masuk. Hanya ada berkas yang kurang,” terang Akhmad Darmanata. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda