Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan, Ini Upaya yang Dilakukan TP PKK OKI

140

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sebagai mitra pemerintah daerah, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) secara terus-menerus berperan aktif dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berkenaan dengan hal itu, salah satu upaya yang dilakukan TP PKK OKI melalui Pokja III yaitu mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidur ditanami tanaman warung hidup dan apotik hidup, sehingga dapat lebih bermanfaat.

Kegiatan pembinaan ini dilakukan agar masyarakat mau menciptakan Halaman Asri Teratur Indah Nyaman atau disebut Hatinya PKK terus dilakukan, dan hasilnya warga tergerak untuk melakukannya, seperti yang terdapat di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung.

Ketua TP PKK OKI Hj. Lindasari Iskandar, SE didampingi wakilnya Hj. Siti Rohani Djakfar Shodiq mengatakan, melalui Hatinya PKK kita harapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri dan teratur sehingga terlihat indah serta menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

“Selain itu, pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan tidur dengan menanam tanaman warung hidup dan apotik hidup merupakan salah satu upaya diversifikasi bahan pangan, sehingga kebutuhan pangan keluarga sudah ada di halaman, baik itu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineralnya,” kata dia, Rabu (22/7/2020).

Peninjauan lokasi Hatinya PKK di Kelurahan Kutaraya yang dilakukan oleh Tim Pokja III pada Selasa (21/7/2020) kemarin, masih kata dia, untuk melihat langsung apakah halaman sudah dimaksimalkan sedemikian rupa untuk menghasilkan bahan pangan bagi rumah tangga.

“Selain pemanfaatan pekarangan rumah, disana TP PKK OKI melalui Pokja III juga melakukan kegiatan sosialisasi dan pembinaan agar masyarakat memiliki rumah sehat dan layak huni serta senantiasa berpola hidup bersih dan Sehat (PHBS),” tandas dia.

Tujuannya, lanjut dia, untuk memberikan pengetahuan seperti apa standar rumah sehat layak huni. Karena tempat tinggal layak huni dan bersih tentunya sangatlah penting, sebab berpengaruh pada kesehatan penghuninya.

“Mari kita jadikan rumah tempat tinggal kita yang rapi, bersih, rapi, sehat dan nyaman untuk ditempati keluarga. Dalam rumah yang sehat akan menghasilkan generasi penerus yang cerdas dan terampil berguna bagi bangsa dan negara,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda