103 Perwira Korps Marinir Ikuti Ujian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

10

JAKARTA, BERITAANDA – 103 perwira di lingkungan Korps Marinir TNI AL mengikuti ujian kompetensi  sertifikasi pengadaan barang jasa pemerintah (PBJB) level 1 yang dilaksanakan di Kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Kompleks Rasuna Epicentrum, Jalan Epicentrum Tengah, Jakarta Selatan, Senin (20/6).

Sebelumnya, para peserta yang terdiri dari Perwira Menengah (Pamen) Korps Marinir tersebut sudah melewati pembelajaran dan pelatihan kompetensi PBJ level 1 e-learning tahun 2022 yang berlangsung mulai tanggal 6 sampai dengan 18 Juni 2022 menggunakan learning management system (LSM) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kemudian dilanjutkan uji kompetensi /ujian pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terdiri dari kelompok I pada tanggal 20 Juni 2022, kelompok II pada tanggal 21 Juni 2022, kelompok III pada tanggal 27 Juni 2022 dan kelompok IV pada tanggal 28 juni 2022.

Dengan menggunakan metode pengajaran yang sistematis, didukung narasumber yang profesional serta berpengalaman dalam meningkatkan pemahaman terkait implementasi kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah, diharapkan para Perwira Korps Marinir dapat memahami isi serta pelaksanaan Pepres No.12 Tahun 2021 secara baik dan benar serta lulus dan mendapatkan sertifikat.

Di sela-sela kegiatan ujian, Ketua Pelaksana Letkol Marinir Prasetyo Pinandito MM M.Tr.Hanla yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Kormar menyampaikan, kegiatan pelatihan dan uji kompetensi level 1 ini bertujuan untuk meningkatkan terpenuhinya sumber  daya manusia (SDM) di jajaran Korps Marinir tentang pengadaan barang dan jasa (PBJ), yaitu pemangku kepentingan yang kompenten dalam rangka mencapai tujuan pengadaan serta memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa pemerintah (PBJP) di lingkungan Korps Marinir TNI AL.

“Bagi peserta yang lulus uji kompetensi PBJB level 1 LKPP 2022 ini otomatis mendapatkan sertifikat keahlian dari LKPP dengan masa berlaku seumur hidup,” pungkas Kadisminpers Kormar.

Rangkaian pelaksanaan ujian diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh, registrasi peserta, pemeriksaan barang bawaan peserta, penjelasan tata tertib ujian dan pelaksanaan ujian. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda