Simulasi Karhutla, Dandim 0402/OKI-OI Terima Kunjungan Danrem 044/Gapo

132

OGAN ILIR, BERITAANDA – Komandan Kodim 0402/OKI-OI Letkol Inf. Irsyad Mahdi Pane terima kunjungan Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika SIP M.Si M.Tr (Han) dalam rangka simulasi pemadaman api dan apel gelar kesiapsiagaan karhutla, bertempat di PTPN 7 Cinta Manis Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jumat (1/9/2023).

“Simulasi di PTPN 7 Cinta Manis tersebut dilaksanakan agar tanggap dalam menghadapi bencana karhutla pada musim panas yang akan terjadi di wilayah kita ini,” jelas Dandim.

Danrem 044/Gapo Brigadir Jenderal TNI M. Naudi Nurdika SIP M.Si M.Tr (Han) juga mengatakan, tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengecek kesiapan personel maupun materil dalam menghadapi karhutla di wilayah jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Selain itu, lanjut dia, untuk mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas instansi terkait (TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar PT dan kelompok tani), termasuk peralatannya dalam penanggulangan karhutla.

“Pelaksanaan penanganan karhutla di lapangan banyak sekali mengalami kendala, salah satunya adalah keterbatasan sarana air di lokasi kebakaran hutan dan lahan, yang tentunya hal ini akan memperlambat proses pemadaman api,” tambah Danrem 044/Gapo.

“Kami beserta instansi terkait akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam mengantisipasi bencana karhutla ini, dan menciptakan udara yang bersih bagi masyarakat, khususnya di wilayah PTPN 7 Cinta Manis Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir,” tutup Dandim.

Turut hadir juga Kasi Ops Kasrem 044/Gapo, Kapenrem 044/Gapo, Pasi Ops Kodim 0402/OKI, Danramil 402-06/ Tanjung Batu, Danunit Intel Kodim 0402/OKI, Kapolsek Tanjung Batu, Asisten 1 Kabupaten Ogan Ilir, Wakil Dirut PTPN 7, Direktur Produksi PTPN 7, Kadif PTPN 7, Kadif Ops PTPN 7, Kepala BPBD Kabupaten Ogan Ilir beserta instansi terkait lainnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda