SDN 1 Lubuk Dalam Direnovasi, Kepala Sekolah Betty Yuliana Ucapkan Terimakasih

83

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Rasa malu yang didera para guru dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Lubuk Dalam Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI) atas kondisi sekolahnya yang memprihatinkan, sontak viral di media sosial Facebook dan TikTok.

Namun setelah diliput awak media, kini kondisi infrastruktur di SDN 1 Lubuk Dalam berubah drastis.

Tak lagi malu, rasa itu berubah bahagia tak terkira. Sebab, saat viral pada bulan September 2023 lalu, rupanya kondisi sekolah itu dilirik Relawan Kampung Indonesia. Akhirnya disurvey ke lokasi, hingga terpilih dan disetujui oleh donatur mereka untuk segera dilakukan renovasi total mulai awal Desember 2023 ini.

“Mulanya kita lihat di media online dan media sosial Facebook juga TikTok. Lalu disurvey ke lokasi. Dua pekan pengecekan, karena di Jawa juga ada. Lalu diajukan ke donatur, sekolah ini terpilih,” kata Deni Mulyana selaku Supervisor Relawan Kampung Indonesia, Jumat (1/12/2023) sore.

Untuk anggaran renovasi gedung SDN 1 Lubuk Dalam ini murni berasal dari pihak swasta, bukan pemerintah. Yang disponsori oleh Persatuan Istri Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PIISEI).

“Jadi Relawan Kampung Indonesia hanya pelaksana saja. Renovasi gedung SDN ini seberesnya, kita targetkan dua bulan atau sebelum Pemilu harus sudah selesai. Untuk perbaikan apa saja, itu tergantung seperti maunya kepala sekolah, jadi anggarannya seberesnya juga, pokoknya sampai tuntas renovnya,” ujar dia.

Kepala Sekolah SDN 1 Lubuk Dalam, Betty Yuliana mengatakan, sejak berdiri memang pernah diperbaiki, namun setelah itu tak pernah lagi. Akhirnya rusak disana – sini akibat dimakan usia dan kita sempat malu sekali begitu viral pada bulan September lalu.

“Tapi Alhamdulillah juga, kini akhirnya akan segera diperbaiki. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih atas pihak-pihak yang telah datang. Kita dimintai proposal terkait apa yang akan diperbaiki. Semua kita minta diperbaiki mulai dari sumur, gedung dan lainnya,” kata dia.

Kepala Sekolah SDN 1 Lubuk Dalam, Betty Yuliana

Selama masa perbaikan sekolah, lanjut dia, siswa tak perlu khawatir. Sebab, proses belajar mengajar akan dipindahkan ke lokal yang belum diperbaiki, dan begitu seterusnya hingga semua perbaikannya rampung.

Sementara itu, Ridwan selaku Kades Lubuk Dalam mengatakan, pihaknya dan warga disini sangat berterimakasih, mengingat sekolah ini memang butuh sekali perbaikan. Semoga cepat selesai.

“Kita berterimakasih, ini sangat membantu, mudah-mudahan tidak hanya sekolah ini saja, sebab kami dari pemerintah desa juga turut mengajukan proposal pembangunan jembatan ke pihak Relawan Kampung Indonesia, semoga terealisasi,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda