Polda Lampung Laksanakan Operasi Zebra Krakatau 2023

111

LAMPUNG SELATAN, BERITAANDA – Operasi Zebra Krakatau 2023 mulai dilakukan oleh kepolisian hari ini, Senin (4/9/2023), sampai 17 September 2023 secara serentak di wilayah hukum Polda Lampung.

Pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2023 dimulai dengan kegiatan upacara di lapangan Mapolda Lampung, dipimpin langsung oleh Wakapolda Lampung Brigjen Pol Umar Effendi SIK M.Si, dihadiri pejabat utama dan seluruh pasukan yang terlibat dalam operasi.

Wakapolda mengatakan, Operasi Zebra Krakatau 2023 dengan tema ‘Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024’ melibatkan sebanyak 686 personel.

“Operasi berjalan selama 14 hari yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Operasi ini dalam rangka cipta kondisi menjelang Pemilu tahun 2024, dalam rangka mendukung menuju Pemilu yang damai dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum secara elektronik/teguran simpatik,” jelas dia.

“Tujuan dalam Operasi Zebra Krakatau tahun 2023 ini adalah menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat,” terangnya lagi.

Selanjutnya dijelaskan dia, bahwa Operasi Zebra Krakatau tahun 2023 ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolda memberikan beberapa penekanan pada personel yang terlibat Operasi Zebra Krakatau 2023.

Pertama, selalu memohon doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebelum melaksanakan tugas. Kedua, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas. Ketiga, hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri serta tetap menjaga marwah Polri. Keempat, tidak berorientasi pada gakkum lantas/tilang, tetapi lebih mengutamakan kegiatan preemtif dan preventif serta tindakan humanis.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan pedomani standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas mengabdi kepada bangsa dan masyarakat,” pungkas Wakapolda.

Turut hadir Danrem 403 Gatam, Kepala Cabang PT Jasa Raharja, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda