PLN UID Lampung Persembahkan Prestasi di Hari Listrik Nasional 2023*l

61

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung telah mencatat berbagai pencapaian kinerja dan prestasi hingga bulan September 2023. Hal itu merupakan buah dari transformasi dan penerapan budaya akhlak yang telah berjalan selama 3 tahun di PT PLN (Persero).

Torehan kesuksesan tersebut sebagai persembahan terbaik PT PLN (Persero) Unit Induk Lampung dalam perayaan Hari Listrik Nasional ke-78 yaitu pada 27 Oktober 2023.

General Manager PLN UID Lampung, Saleh Siswanto mengatakan, pihaknya menjalankan amanat pemerintah dalam hal penyediaan energi listrik dengan sebaik-baiknya. Ditambahkannya, PLN UID Lampung juga telah meningkatkan rasio desa berlistrik dari 99,5 persen di tahun 2022 menjadi 99,74 persen hingga September 2023.

“Alhamdulillah sebanyak 6 desa dan 18 dusun yang tadinya belum berlistrik telah dinyalakan yang didalamnya terdapat 3054 pelanggan. Sisanya ada 7 desa yang belum berlistrik masih dalam proses perizinan. Namun, hingga Desember 2023 nanti akan ada 13 dusun lagi yang siap dinyalakan dengan calon pelanggan sebanyak 373 pelanggan,” terang Saleh Siswanto, Kamis (26/10/2023).

Saleh juga menambahkan, kesuksesan di bidang penjualan tercermin pada peningkatan penjualan listrik sebesar 3,998 Terrawatt Hour (TWh) pada bulan September tahun 2022, menjadi 4,278 TWh di bulan yang sama pada tahun 2023. Sehingga penjualan tenaga listrik tumbuh sebesar 3,96 persen pada September tahun 2022 menjadi 7,01 persen dengan penambahan jumlah pelanggan sebanyak 91799 pelanggan dari September 2022 hingga September tahun 2023.

“Tren ini menunjukan adanya peningkatan kinerja PLN, salah satunya dalam hal penjualan energi. Hal itu merupakan buah dari transformasi yaitu transformasi digital yang telah dilakukan PLN pada sektor pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Transformasi digital pada sektor pelayanan kepada masyarakat yang dimaksud oleh Saleh adalah kemudahan pelayanan dan upaya peningkatan kepuasan pelanggan melalui super-app milik PLN yakni PLN Mobile. Dimana masyarakat dapat melakukan permohonan pelayanan PLN melalui smartphone.

“Hampir 1 juta pelanggan di Lampung telah menggunakan PLN Mobile. Kami harap dengan hadirnya PLN dalam smartphone pelanggan, PLN semakin dekat dan semakin cepat melayani pelanggan tentunya dengan kualitas yang semakin baik,” ujarnya.

Selain itu, PLN juga telah memberikan kontribusi kepada pemerintah dari sektor pajak. PLN UID Lampung memperoleh predikat sebagai wajib pajak dengan kontribusi pembayaran pajak terbesar kepada pemerintah setiap tahunnya. Hal itu tercermin dari realisasi pajak yang terdiri dari PPH, PPN dan PBB yang disetorkan PLN kepada pemerintah sebanyak Rp 87 miliar dan pajak penerangan jalan (PPJ) yang disetorkan kepada 15 pemerintah kota dan kabupaten di Lampung sebanyak Rp 341 miliar dari bulan Januari hingga September 2023.

“Melalui sektor pajak, PLN hadir dalam berkontribusi secara aktif kepada negara sehingga menjadikan energi listrik dapat bermanfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Saleh juga mengatakan, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan PLN UID Lampung seperti program ekonomi, pendidikan, pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dan lingkungan telah menyentuh 1.523 penerima manfaat dan melibatkan 453 UMK yang mampu menyerap 205 tenaga kerja baru.

Pada bulan Februari 2023, TJSL PLN UID Lampung juga telah mendapat pengakuan dari La Tofi School of Social Responsibility pada Indonesian Green Awards 2023 dengan kategori mempelopori pencegahan polusi.

“Dari penghargaan ini membuktikan bahwa PLN UID Lampung diakui sebagai pelopor dalam kepedulian lingkungan hidup,” terang Saleh.

Disisi lain, melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) yang dimiliki, PLN UID Lampung juga turut berkontribusi dalam bidang sosial keagamaan.

“Kita ketahui bersama, YBM PLN merupakan lembaga zakat PLN yang sumbernya dari pengelolaan zakat para pegawai PLN. Tahun ini hingga September 2023, YBM PLN telah menyalurkan sebanyak Rp 1,6 miliar kepada penerima manfaat,” ucap Saleh.

“Meskipun berbagai torehan pencapaian telah diperoleh, sesuai dengan yang telah diamanatkan oleh pemerintah, PLN UID Lampung terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dan berkontribusi untuk kemakmuran bangsa dan negara,” tutupnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda