Peringati Bulan K3, Bandara SMB II Gelar Inspeksi Keselamatan RSC dan TSC

14

PALEMBANG, BERITAANDA  – Memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional, Bandara Angkasa Pura (AP) II Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II menggelar inspeksi keselamatan yakni ramp safety campaign (RSC) dan terminal safety campaign (TSC).

Di Bandara Internasional SMB II, RSC dan TSC ini digelar tiga hari hingga kemarin untuk memastikan seluruh fasilitas, perlengkapan dan peralatan dapat berfungsi baik dan optimal.

Executive General Manager Bandara Internasional SMB II R. Iwan Winaya Mahdar RSC mengatakan, inspeksi ini dilakukan di sisi udara dan darat.

“Fokus dalam ramp safety campaign adalah memastikan seluruh peralatan yang ada di airside dapat optimal dalam mendukung operasional penerbangan. Peralatan tersebut berupa ground support equipment serta kendaraan yang beroperasi di sisi udara dan lain sebagainya,” ujar Iwan Winaya Mahdar, Kamis (22/2/2024).

Sementara itu, terminal safety campaign yang dilakukan di sisi darat mencakup antara lain inspeksi operasi penertiban arus listrik (OPAL) dan inspeksi cleanliness, health, safety and environment sustainability (CHSE).

“Inspeksi keselamatan terminal safety campaign ini mencakup pengecekan fasilitas keselamatan di terminal penumpang, seperti misalnya peralatan guna mendukung manajemen keselamatan terkait kelistrikan dan lain sebagainya,” jelas Iwan.

Adapun inspeksi keselamatan RSC dan TSC ini akan dilakukan di seluruh Bandara AP II guna memastikan aspek keselamatan dapat dijalankan dengan baik.

Sebelumnya, kampanye bulan K3 nasional juga digelar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang karena pada 2023 tingkat pemulihan pasca Covid-19 telah mencapai sekitar 88% dari kondisi normal di 2019.

Di tengah peningkatan lalu lintas penerbangan yang terus melaju ini, AP II bersama stakeholder juga semakin berkolaborasi erat guna menjaga kenyamanan, keselamatan dan keamanan bagi penumpang pesawat di 20 bandara. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda