Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU OKI Libatkan Ratusan Warga

72

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Mulai tanggal 6 Januari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ilir (OK) melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara dengan melibatkan ratusan orang warga, dilaksanakan di Gedung Olahraga Perahu Kajang Kayuagung.

Para warga tenaga penyortir dan pelipat surat suara Pemilu 2024 ini, saat bekerja tentunya diawasi oleh pihak KPU, Bawaslu, polisi dan Satpol PP, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Saat ditemui di lokasi, Sekretaris KPU OKI Ani Septiani mengatakan, pihaknya sejak 6 Januari 2024 hingga saat ini sudah 448 kotak surat suara sudah dan sedang disortir serta dilipat. Total selesai belum dihitung lagi.

“Untuk surat suara Pilpres, 287 kotak sudah selesai disortir dan dilipat, satu kotak itu isinya 2.000 surat suara. Dan saat disortir, ada sekitar 100 surat suara yang rusak, tapi itu sudah dilaporkan ke provinsi lalu diteruskan ke percetakan,” ujar dia, Senin (8/1/2024).

Sedangkan surat suara Pileg maupun DPD, kata dia lagi, kalau kemarin 200 kotak sudah selesai disortir dan dilipat dari total seluruh 1.148 kotak. Itu satu kotak isinya 500 surat suara, dan Insyaallah selesai hari ini.

“Alhamdulillah, dari pertama hingga di hari ketiga ini tak ada kendala dalam proses pengerjaannya,” tandas dia.

Tenaga penyortir dan pelipat, dari pertama sampai hari ketiga mengalami perkembangan terus. Di hari pertama 200 orang, kedua 270, dan di hari ketiga ini ada 300 orang warga diberdayakan.

“Untuk target penyelesaian semua, kalau dari provinsi itu diberi waktu mulai tanggal 5 hingga 20 Januari 2024. Kami berharap sebelum tanggal itu bisa sudah selesai semua,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda