MUI Keluarkan Fatwa Haram Terhadap Produk Asal Israel

43

PALEMBANG, BERITAANDA – Kegiatan dialog interaktif terkait fatwa MUI tentang produk asal Israel berlangsung di Stasiun RRI Jalan Radio Nomor 2 KM 4 Kota Palembang, Rabu (22/11/2023).

Hal tersebut dilakukan menyikapi situasi yang berkembang saat ini terkait adanya perang antara Israel dan Palestina. Sebagai dukungan moral kepada Palestina, MUI sebagai salah satu mengurus kemaslahatan umat telah mengeluarkan fatwa haram terhadap produk dari negara Israel tersebut.

“Namun sebagian umat di Indonesia masih ada yang belum mengerti dan memahami adanya edukasi dan penjelasan dari Komisi Fatwa MUI Provinsi Sumsel dalam menyikapi hal tersebut,” kata KH. Amin Dimyati.

“Dengan adanya fatwa dari MUI mengenai produk dari negara yang bergabung dengan Israel, hendaknya masyarakat Sumsel menyikapi dengan bijak dan mendukung fatwa tersebut,” ungkapnya lagi.

“Bagi produk-produk yang sudah di fatwa haram yang sebelumnya dihalalkan, masih bisa digunakan masyarakat, namun untuk saat ini hendaknya menahan diri sebelum perang Israel dengan Palestina berakhir,” tambah dia.

Lanjut dia, untuk mengetahui atau lebih jelas produk apa saja yang halal untuk digunakan masyarakat bisa menghubungi MUI Provinsi Sumsel atau BPOM. Karena dikhawatirkan produk yang beredar di media belum tentu benar, termasuk kategori yang dilarang.

Sementara itu Ustadz Abdurahman Taib selaku Ketua Yayasan Pelita Bersatu Indonesia mendukung adanya fatwa MUI terkait produk dari negara Israel itu.

“Namun diharapkan kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi kamtibmas dengan cara-cara yang sopan dan santun, tidak dengan aksi ekstrem atau anarkis,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda