Monitoring Pengamanan Kotak Suara di TPS dan PPK, Kapolda: Sumsel Aman Terkendali

16

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumsel Irjen A. Rachmad Wibowo melakukan peninjauan ke beberapa Sekretariat PPK di wilayah Kota Palembang, Kamis (15/2/2024).

Lokasi pertama yang dituju adalah Sekretariat PPK di Ilir Timur I. Di lokasi ini, Rachmad yang didampingi Ketua Panwascam Isri Suhara, Ketua PPK Alfian dan Upika setempat melakukan peninjauan gudang tempat penyimpanan kotak suara.

Kemudian tempat kedua yang menjadi sasaran peninjauan orang nomor satu dijajaran Polda Sumsel yakni di Sekretariat PPS di Kelurahan Talang Aman. Kapolda memberikan arahan kepada Kapolsek Kemuning dan Ketua PPS Talang Aman terkait proses pengamanan pergeseran kotak suara.

Selanjutnya melakukan peninjauan di Sekretariat PPK Ilir Timur III Kota Palembang. Kehadiran Rachmad Wibowo disambut Camat Rusmeidi Saputra, Kapolsek Ilir Timur II Kompol Desi Arianti dan anggota PPK Fipto Supriyanto.

Kapolda mengatakan, dirinya terus melakukan pemantauan kamtibmas pasca pemungutan suara, untuk memastikan proses penghitungan suara, pergeseran kotak suara berlangsung aman dan tidak ada hambatan.

“Seluruh kabupaten/kota sudah saya datangi, dan hari ini ada tiga tempat, terutama PPS dan PPK karena konsentrasinya adalah pergeseran dari TPS ke PPS ataupun dari TPS langsung ke PPK. Saya berbincang dengan para petugas tadi mengatakan, ada yang sebagian besar (kotak suara) masih di TPS, dan sebagian ada yang masih dalam diperjalanan,” ujar Rachmad.

Rachmad menyebut bahwa informasi dari PPK di kecamatan yang dikunjungi menyampaikan bahwa besok (16/2/2024) akan mulai penghitungan suara, menunggu jadwal dari KPU.

“Kalau jadwalnya setiap TPS itu maksimal 250 suara saja, bisa kita lihat disini tadi ada 200 sekian TPS. Kalau dikali 5 kotak suara (Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota) berarti ada 1.000 hasil CHP yang harus dihitung, estimasi mereka paling cepat akan selesai dalam waktu 2-3 hari, ini harus kita amankan,” lanjutnya.

Disinggung terkait situasi umum pasca pencoblosan suara, Rachmad Wibowo mengatakan bahwa kamtibmas secara umum di wilayah Sumatera Selatan aman dan terkendali.

“Situasi secara umum saya katakan aman, ada beberapa insiden tidak terlalu krusial. Di Kota Palembang sempat ada KPPS yang dianiaya oleh Linmasnya, namun motivasinya bukan masalah politik, melainkan urusan pribadi,” terangnya.

“Baru saja saya mendapat laporan ada 1 anggota Polri yang kecelakaan ketika selesai dari PAM TPS di wilayah Polres Empat Lawang, mohon doanya,” tuturnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda