Kodim 0402/OKI Gelar Pembinaan Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme

147

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal, bahkan sampai menjadi tindakan aksi terorisme secara nyata.

Maka dari itu, Kodim 0402/OKI menggelar kegiatan pembinaan komunikasi sosial (komsos) cegah tangkal radikalisme dan separatisme dengan tema ‘Ideologi Pancasila Sebagai Benteng Menangkal dari Ancaman Radikalisme dan Separatisme’, bertempat di aula Darmawangsa Makodim Jalan Letnan Darna Jambi Kecamatan Paku Kayuagung Kabupaten OKI, Senin (29/5/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai komponen masyarakat, antara lain dari aparat pemerintah, TNI, tokoh masyarakat, organisasi pemuda serta organisasi pelajar dan mahasiswa.

Dalam sambutan Dandim 0402/OKI Letkol Inf. Hendra Saputra S.Sos MM M.I.Pol yang dibacakan Kasdim 0402/OKI Mayor Czi Saipul Anwar saat membuka kegiatan menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka terwujudnya saling pengertian tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing.

“Bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa untuk ikut mengantisipasi radikalisme/separatisme ditengah perkembangan kondisi sosial yang pesat sedini mungkin, sehingga dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini tentunya untuk memelihara serta meningkatkan hubungan antara TNI dan rakyat. Hal ini untuk perkuatan pertahanan negara aspek darat guna antisipasi masuknya paham radikalisme di wilayah Kodim 0402/OKI khususnya.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini mari kita samakan pemahaman dengan pemikiran sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara,” pungkas Mayor Saipul.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan sesi foto bersama dan pemberian sembako secara simbolis, serta dilanjutkan penyampaian beberapa materi antara lain wawasan kebangsaan, ancaman paham radikalisme dan separatisme oleh Danramil 402-08/Pampangan Kapten Arm Arfrianto dan Danramil 402-11/TS Kapten Kav. Army Joyo. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda