Kapolsek Cengal Patroli Pantau Distribusi Logistik Pemilu ke 8 Desa Perairan

37

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Untuk di wilayah perairan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tentu pengamanan ekstra terus dilaksanakan terhadap logistik Pemilu 2024, mengingat kondisi geografis dan juga harus menggunakan transportasi air saat pendistribusian berlangsung.

Seperti di Kecamatan Cengal. Dalam wilayah ini ada 8 desa yang lokasinya berada di kawasan perairan, yaitu Sungai Ketupak, Adil Makmur, Sungai lumpur, Pantai Harapan, Kuala Sungai Jeruju, Kuala Sungai Pasir, Sungai pasir dan Desa Somor.

Oleh karena itu, logistik Pemilu 2024 yang diberangkatkan dari halaman kantor KPU OKI yang berada di Kota Kayuagung, setiba di Dermaga Air Desa Cengal, pendistribusiannya harus dilanjutkan dengan diangkut menggunakan speedboat menuju ke 8 desa tersebut.

Dan hari ini, Senin (12/2/2024) sekira pukul 13.00 WIB, Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana SH bersama personelnya melaksanakan patroli pemantauan distribusi logistik kotak suara, surat suara dan lainnya ke 8 desa perairan berada di Kecamatan cengal OKI.

“Patroli tersebut menggunakan transportasi air berupa speedboat dengan estimasi waktu 4-6 jam perjalanan dari Dermaga Air Desa Cengal secara estafet menuju ke 8 desa berada di kawasan perairan,” kata Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana SH.

1 jam ke Desa Sungai Ketupak, dilanjutkan ke Desa Adil Makmur, Desa Pantai Harapan dan Desa Sungai Lumpur selama 2 jam. Lalu 45 menit ke Desa Kuala Sungai Jeruju, ke Desa Kuala Sungai Pasir 1 jam, lalu ke Dusun Bagan Rami Desa Sungai Pasir 10 menit perjalanan, terakhir 30 menit ke Desa Somor.

Dari hasil pemantauan sementara, distribusi logistik Pemilu di 8 desa itu dalam keadaan aman dan lancar. Distribusinya dilakukan sejak pagi pada Ahad (11/2/2024) kemarin, oleh PPK Cengal serta Panwas yang dikawal personel Polsek Cengal dengan menggunakan 6 unit speedboat.

“Logistik yang sudah didistribusikan dari PPK menuju PPS yaitu Desa Sungai Ketupak 3 TPS sebanyak 15 kotak suara, Desa Adil Makmur 1 TPS sebanyak 5 kotak suara, Desa Sungai Lumpur 7 TPS sebanyak 35 kotak suara,” kata Kapolsek.

Sedangkan Desa Pantai Harapan 4 TPS sebanyak 20 kotak suara, Desa Kuala Sungai Jeruju 4 TPS sebanyak 20 kotak suara, Desa Kuala Sungai Pasir 7 TPS sebanyak 35 kotak suara, Desa Sungai Pasir 9 TPS sebanyak 45 kotak suara dan Desa Somor 6 TPS sebanyak 30 kotak suara.

“Untuk hari ini pemantauan secara umum yang kita lakukan, logistik yang dikirim itu belum ada laporan kekurangan atau lainnya, dengan kata lain cukup. Hambatan dalam distribusi logistik hanya terkendala jika cuaca hujan dan pasang surut air. Namun hal itu tak terjadi saat distribusi logistik kemarin,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda