Juarsah Apresiasi CSR PT Bukti Asam dalam Pemberdayaan Masyarakat

70

MUARA ENIM, BERITAANDA – Untuk meningkatkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat, CSR PT Bukit Asam mengembangkan SIBA Rosela. Seperti yang dikatakan Koordinator SIBA Rosela dari CSR PTBA, Listaty.

“Rosela adalah salah satu tumbuhan yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan karena kaya manfaat inilah, kita ajak masyarakat dan kita bina untuk pengembangan tumbuhan rosela menjadi berbagai olahan produk minuman, diantaranya ada sirup rosela dan teh rosela. Untuk tehnya, kita ada dalam kemasan seduh maupun celup,” katanya, Selasa (2/5/2020).

Dijelaskan Listaty, bahwa pengembangan pengelolaan rosela ini sebagai upaya dari CSR PTBA untuk meningkatkan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan.

“Alhamdulilah respon positif pun banyak berdatangan dari masyarakat yang telah mencoba olahan produk rosela ini. Kita juga berharap nanti kedepannya produk ini dapat dijadikan salah satu icon oleh-oleh khas Tanjung Enim dalam mendukung program Tanjungenim menuju kota wisata,” katanya.

Di lain pihak, Dian (35) salah satu penggiat rosela mengatakan, bahwa rosela ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. “Diantaranya rosela mengandung vitamin dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok sekali untuk dikonsumsi, terutama untuk pencegahan Covid-19 seperti saat ini,” jelas dia.

Namun, lanjut Dian, bagi yang memiliki riwayat penyakit maag dan darah rendah, sebaiknya tidak meminum olahan rosela ini secara berlebihan. “Untuk harga yang kita bandrol pun cukup terjangkau, semua kita bandrol dengan harga serba Rp10 ribu, baik untuk sirup maupun teh rosela,” katanya.

Di lain pihak, Plt Bupati Muara Enim H. Juarsah SH, mengapresiasi CSR Bukit Asam yang sudah menyalurkan anggaran untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan.

“Saya mengapresiasi kepada CSR Bukit Asam yang sudah membina masyarakat dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga melalui budidaya rosela yang kayak vitamin dan dapat meningkatkan imun tubuh,” kata Juarsah,

Juarsah menerangkan, rosela ini sudah dikembangkan di negara-negara khususnya di Timur Tengah, yang sudah menjadikan olahan bunga proses sebagai minuman kesehatan yang berkasiat bagi jantung dan tekanan darah tinggi.

“Saya berharap rosela ini bisa dikembangkan sampai ke desa-desa, bekerjasama dengan pemerintah setempat, karena ini dapat dijadikan sarana pemberdayaan ekonomi warga, sebab bisa menjadi penghasilan masyarakat,” harapnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda