Idul Adha, Garuda Dulang Penumpang Mudik Lebaran

85

PALEMBANG, BERITAANDA – Menjelang hari raya Idul Adha, keterisian seat maskapai Garuda Indonesia nyaris penuh sesuai aturan pemerintah dengan tetap menjaga jarak penumpang dalam kabin.

Manager Marketing Garuda Indonesia Palsmbang, Meisye Paulina Tambunan mengatakan, keterisian seat di tanggal 29 Juli mendatang mencapai 47 persen, dan pada tanggal 30 Juli capai 67 persen dengan rute Palembang-Jakarta. Jumlah ini cukup tinggi, mengingat saat ini kondisi pandemi tidak terlalu ramai penumpang. Kebijakan pemerintah memberikan aturan rapid test 14 hari juga cukup membawa angin segar bagi penerbangan, karena masyarakat bisa terbang lebih lama.

“Sepertinya memang ada yang izin cuti bekerja dan pulang, terlihat dari peningkatan jumlah penumpang,” ujar Meisye, Selasa (28/7/2020).

Menyikapi kebijakan new normal, kata dia, Garuda juga akan menambah jam terbang baru pada bulan Agustus mendatang menjadi tiga kali setiap hari, dari semula dua kaki penerbangan pada Juli.

Rute yang ditambah tersebut yakni jam penerbangan pagi.

  • Jakarta-Palembang dengan pesawat GA 102 berangkat pukul 07.35 Wib tiba pukul 08.45 Wib.
  • Palembang-Jakarta dengan pesawat GA 107 berangkat pukul 09.30 Wib tiba pukul 10.40 Wib.
  • Jakarta-Palembang terbang dengan pesawat GA 104 berangkat pukul 09.35 Wib tiba pukul 10.40 Wib.
  • Palembang – Jakarta terbang dengan pesawat GA 109 berangkat pukul 11.35 Wib tiba pukul 12.45 Wib.
  • Jakarta – Palembang menggunakan pesawat GA 108 berangkat pukul 13.40 Wib tiba pukul 14.40 Wib.
  • Palembang – Jakarta menggunakan pesawat GA 113 berangkat pukul 15.25 Wib tiba pukul 16.40 Wib.

Selain menambah frekuensi terbang Palembang-Jakarta, Garuda juga akan membuka rute intra Sumatera Palembang-Medan yang sempat off karena dampak pandemi. Rute ini efektif dibuka 1 Agustus dengan jadwal terbang tiga kali sepekan, yakni Rabu, Jumat dan Ahad. Jadwalnya, Medan-Palembang GA 266 berangkat pukul 07.4Wib tiba pukul pukul 09.30 Wib. Sementara itu jadwal Palembang-Medan terbang dengan pesawat GA 267 berangkat pukul 10.20 Wib tiba pukul 12.05 Wib.

“Agustus juga kita akan terbang ke Yogyakarta via Bandara Kulon Progo dengan jadwal terbang empat kali sepekan, Senin, Rabu, Jumat dan Ahad,” ujar Meisye.

Soal harga tiket dan jadwal persis terbangnya masih akan dimatangkan, namun dia memastikan harga yang dipatok untuk penerbangan langsung ini tidak akan melebihi tarif batas atas (TBA) dan juga lebih murah dari penerbangan transit.

Meisye mengatakan, Garuda dilengkapi dengan sistem filtrasi udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) yang merupakan fitur penyaring udara yang ada di setiap pesawat Garuda Indonesia. Sistem filtrasi udara di kabin pesawat ini dapat menyaring 99,999 persen partikel debu dan kontaminan udara, seperti virus dan bakteri. Sehingga kualitas udara di kabin dapat terjaga kebersihannya.

“Sistem ini sudah ada sejak lama, bahkan sebelum corona, sehingga aman dan membuat udara kabin bersih karena tidak menularkan virus penumpang yang bersin atau flu,” tutup Meisye. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda