Dankormar Kenang Pertempuran Laut Arafuru

277

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han) menghadiri acara mengenang pertempuran Laut Arafuru, 15 Januari 1962, dalam rangka Hari Dharma Samudera tahun 2020 di Gedung Yos Sudarso Seskoal Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

Acara mengenang pertempuran Laut Arafuru ini diawali dengan ramah tamah (cocktail), pembukaan, sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), pemutaran film dokumenter A Brave Gentleman yang mengangkat kisah nyata pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962 pada operasi Trikora untuk merebut kembali Irian Barat ke pangkuan ibu pertiwi, mengheningkan cipta, doa bersama, persembahan lagu gugur bunga, fashion show seragam TNI AL, peluncuran buku tradisi TNI AL, ditutup dengan foto bersama dengan keluarga Komodor Yos Sudarso.

Dalam sambutannya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM mengatakan, bahwa pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 telah tercatat sebagai pertempuran laut paling heroik dalam sejarah Indonesia.

“Pertempuran laut tersebut telah mampu menjabarkan nilai-nilai inti atau The Core Values Angkatan Laut yang telah diformulasi sebagai trisila TNI Angkatan Laut, sebuah pedoman moral yang digagas oleh Komodor Yos Sudarso saat berpangkat kapten pada tahun 1956,” kata dia.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan, bahwa trisila TNI Angkatan Laut yang terdiri dari disiplin, hirarki, dan kehormatan militer, lahir dari perjalanan sejarah angkatan Laut, karakteristik medan juang di mandala samudera dan tekad menjadikan bangsa maritim yang jaya, sudah sepantasnya kita jadikan landasan moral fundamental bagi seluruh prajurit Angkatan Laut.

Salah satu upaya pewarisan nilai-nilai luhur adalah dengan memelihara dan mempertahankan tradisi yang sudah kita miliki selama ini. Tradisi memberi jiwa dan roh bagi lingkungannya untuk terus menjaga nilai yang diwariskan para pendahulunya dalam mencapai tujuan bersama. Melalui tradisi, nilai-nilai luhur tetap terjaga walaupun selalu diterpa oleh berbagai gelombang perubahan zaman.

“Oleh karenanya tidak berlebihan, apabila dalam kesempatan ini saya akan meluncurkan buku ‘Tradisi TNI Angkatan Laut’ sebagai bagian dari upaya pewarisan nilai-nilai luhur yang telah berkembang di lingkungan Angkatan Laut,” pungkas Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Selain Komandan Korps Marinir (Dankormar), turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama Wilayah Jakarta. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda