Cek Kesiapan Pengamanan Nataru dan Pemilu 2024, Kompolnas Kunjungi Polda Lampung

44

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) serta Pemilu tahun 2024, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengunjungi Polda Lampung, Jumat (29/12/2023) lalu.

Kunjungan tim Kompolnas ini dipimpin oleh Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar MM, diterima langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika dan Wakapolda Brigjen Pol. Umar Effendi didampingi Pejabat Utama Polda Lampung.

Pudji Hartanto Iskandar menyampaikan maksud dan tujuannya ke Mapolda Lampung adalah untuk melaksanakan pengecekan dan melaksanakan fungsi pengawasan eksternal terhadap Polda Lampung dalam hal pengamanan Nataru dan Pemilu 2024.

“Kami juga memberi petunjuk arah kebijakan untuk personel Polda Lampung, dimana dalam situasi Pemilu ini agar anggota senantiasa menjunjung tinggi netralitas serta profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengamanan,” ujarnya.

Dia juga menekankan kepada personel Polda Lampung untuk mengedepankan fungsi preemtif dan preventif.

“Fungsi represif dalam hal ini penegakan hukum yang dilaksanakan dengan tegas dan humanis. Netralitas merupakan harga mati. Melakukan pengawasan melekat secara baik dan benar sesuai peraturan Kapolri No.2 Tahun 2022 tentang pengawasan melekat dilingkungan Polri,” katanya.

Selanjutnya, dia berharap dengan diadakannya pengecekan dan pengawasan ini, pengamanan Nataru dan Pemilu 2024 di wilayah Lampung menjadi aman, damai, gembira dan dapat mengimplementasikan deklarasi netralitas serta harkamtibmas aman terkendali. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda