Camat Syawal Harahap Targetkan SP Padang Zero Burning

399

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Bersama TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah menyiapkan berbagai upaya dalam menghadapi musim kemarau yang cenderung terjadi kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla).

Melalui rapat karhutbunla yang dilaksanakan di kantornya, Jumat (10/7/2020), Camat SP Padang Syawal Harahap bersama Kapolsek, Danramil, kades, tokoh masyarakat, dan jajaran pemerintah membahas upaya apa saja yang dilakukan.

Menurut camat, hasil rapat pembentukan Satuan Gugus Tugas Pencegahan Karhutbunla tingkat Kecamatan SP Padang dengan melibatkan seluruh kepala desa dan 15 orang relawan kebakaran pada 20 desa di wilayah kita yang sudah dibentuk akhir bulan Juni 2020 lalu.

“Disepakati, target kita SP Padang zero burning. Artinya pada musim kemarau, tidak ada masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar. Untuk itu, dengan dibantu relawan, kita bersama-sama berupaya wujudkannya,” kata Syawal Harahap.

Artinya, kata camat lagi, bukan saja melakukan penanggulangan bila terjadi karhutbunla, langkah pencegahan seperti mengimbau masyarakat agar tak membuka lahan dengan cara dibakar menjadi prioritas kita kedepan.

“Selain memasang spanduk larangan membakar hutan, kebun dan lahan, kedepan secara rutin juga berkelanjutan bersinergi dengan TNI-Polri, kita akan patroli menyampaikan imbauan langsung ke masyarakat,” pungkas camat. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda