Bersama Gubernur Lampung, Kasrem 043/Gatam Ikuti Rapat Monitoring dan Pemantauan Kesiapan Arus Balik Angkutan Nataru

21

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Kepala Staf Korem 043/Gatam Kolonel Inf. Enjang SIP M.Han bersama Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi mengikuti rapat monitoring dan pemantauan kesiapan arus balik angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, bertempat di ruang rapat PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung Selatan, Jumat (29/12/2023).

Untuk kapasitas Pelabuhan Bakauheni terdiri dari dua pola, yakni pola operasi normal disiapkan 30 kapal, 124 trip, suplay 21.029 unit kendaraan kecil. Untuk pola operasi padat disiapkan 34 kapal, 140 trip, suplay 29.804 unit kendaraan kecil.

“Sementara itu kapasitas parkir terpasang di Pelabuhan Bakauheni sebanyak 6.919 kendaraan kecil,” ujar Rudi Sunarko selaku GM PT Indonesia Ferry Cabang Bakauheni.

Selanjutnya untuk lokasi Bufferzone di rest area KM 20.B, 49.B, Terminal Agrobisnis Gayam, lahan kantor lama Balai Karantina Pertanian dan RM Gunung Jati, yang harus diantisipasi jika kondisi operasional mengalami gangguan cuaca ekstrim, terjadi penumpukan dan antrean kendaraan, kerusakan kapal dan dermaga, serta kecenderungan pengguna jasa menyeberang di malam hari.

“Dalam mengantisipasi kesemuanya itu harus disiapkan personel yang siap beroperasi,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, ini merupakan pekerjaan rutin setiap hari-hari besar, kita sudah melaksanakan setiap tahun perbedaannya adalah peningkatan ketersediaan kapal untuk arus mudik yang menjadi konsentrasi di Merak-Bakauheni, karena ini merupakan wilayah penyeberangan yang sangat potensial.

“Para pelintas harus dilayani dengan baik, kedepan akan dibangun penyeberangan Mesuji-Bangka, Mesuji-Belitung dan Lampung-Kalimantan. Untuk itu diharapkan setiap kapal ada unsur kesehatan dan pengamanan, sehingga para penumpang merasa puas dilayani,” pungkasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kadishub Provinsi Lampung Bambang Sumbogo SE MM, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Fajar Akhirudin SIP M.Si, Kapolres Lamsel AKBP Yusriandi Yusrin SIK Med Kom, Wadir Lantas Polda Lampung AKBP Muhamad Ali, Direktur Perencanaan ASDP Herry Max, BPTD Kls II Lampung Bambang Siswoyo, Kabag Ops Jasa Raharja Ahmad Arkan Nugraha dan Ka Gapasdap Warsa. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda